34 manfaat olahraga secara umum untuk kesehatan tubuh

Hasil gambar untuk olahragaOlahraga adalah anjuran yang sering kita dengar untuk tetap hidup sehat yang paling sering kita dengarkan dan olahraga memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Diantara manfaat tersebut akan dijelaskan dalam uraian berikut:

  1. Meringankan kerja jantung

Olahraga secara teratur bisa membuat kinerja jantung menjadi ringan. Olahraga mampu membantu jantung dalm mengalirkan darah atau memompa darah ke seluruh tubuh.

  1. Melancarkan aliran darah

Olahraga dapat membuat aliran tubuh menjadi lancar. Dengan berolahraga, otot otot menjadi lentur. Terutama otot yang ada di pembuluh darah. Otot yang lentur membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah dapat dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.

  1. Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi

Oahraga seperti berenang dan berbagai macam olahraga lainnya bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Apalagi jika ditambah dengan makanan yang bergizi serta susu berkalsium tinggi. Remaja yang rajin berolahraga akan memperoleh gigi yang sehat dan tinggi dan maksimal. Dan biasanya lebih tinggi dari yang malas berolahraga.

  1. Menjaga kepadatan tulang

Olahraga teratur dibantu dengan suu berkalsium tingi akan menjaga kepadatan tulang, terutama tulang belakang. Olahraga ringan seprti jogging setiap pagi membuat tulang padat dan kuat. Jadi, orang yang rajin berolahraga akan mempunyai tulang sehat, padat, dan kokoh serta bisa terhindar dari berbagai macam penyakit tulang.

  1. Mencegah obesitas

Obesitas dapat dicegah dengan olahraga secara teratur. Penyebabnya adalah, ketika berolahraga, lemak dan kolestrol yang ada di dalm tubuh terbakar. Sehinga tubuh terlihat ramping dan terhindar dari obesitas atau kegemukan.

  1. Menjaga keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh dapat dijaga dengan cara berolahraga teratur. Tubuh yang tidak seimbang akan mengalami gangguan metabolisme. Metabolisme yang tidak seimbang membuat seseorang mudah terserang berbagai macam penyakit kronis.

  1. Membuat tidur berkualitas

Tidur yang tidak berkualitas dapat ditandai dengan sering terjaga di setiap malam atau terjaga di sela-sela tidur malam anda. Tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Salah satu penyebab tidur yang tidak berkualitas adalah stres yang berlebihan dan ketidakseimbangan hormon. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan mengurangi stres dan rajin berolahraga.

  1. Mencegah insomnia

Ketika anda sulit tidur, cobalah untuk berolahraga ringan, olahraga secara teratur bisa mengatasi insomnia.

  1. Menjaga fleksibilitas otot

Otot tubuh yang sering tidak digunakan akan menjadikaku dan sering terkena penyakit otot. Olahraga teratur dapt membuat otot menjadi lentur dan terhindar dari penakit otot sperti nyeri otot, kram, atau penyakit lainnya.

  1. Meningkatkan kinerja otot dan daya tahan otot

Tidak hanya kelenturan otot saja yang bisa didapatkan dari olahraga. Jika otot kuat dan daya tahan otot bagus, otot akn mudah diajak bekerja sama untuk melakukan pekerjaan berat seperti kuli pangul dan kuli batu.

  1. Membantu keseimbangan hormon

Gangguan hormon yang disebabkan ketidakseimbangan hormon tidak dapt dianggap sepele. Hal ini dikarenakan ketidakseimbangan di dalm tubuh terutama wanita bisa menyebabkan pendarahan di sela menstruasi bahkan bisa berakibat kanker.

  1. Menghindari penyakit jantung

Olahraga bisa digunaka utnuk meringankan kinerja jantung, jika kinerja jantung ringan, berbagai penyakit dan gangguan jantung pun bisa teratasi atau dihindari.

  1. Meningkatkan sistem imun

Olahraga juga dapt meningkatkan sistem imun di dalam tubuh manusia. Zat antibodi akan meningkat saat berolahraga. Jika zat antibodi meningkat, tentu sistem imun akan meningkat. Sistem imun bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penakit di dalam tubuh.

  1. Membuat kepercayaan didi meningkat

Olahraga juga berpengaruh terhadap mental seseorang. Lahraga meningkatkan kesehatan mental. Ketika mental bags, epercayaan diri ikut meningkat.

  1. Membuat awet muda

Orang yang hobi olaraga akan terlihat lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak suka olahraga. Pasalnay olahraga membuat otot lentur dan tidak kaku. Otot yang lentur dapat menghindarkan kekeriputan wajah. Berkeringat saat berolahraga juga membuat awet muda karena aliran darah yang lancar di dalam tubuh isa membuat regenerasi sel lebih baik.

  1. Meninggikan tubuh

Khusus untuk remaja, olahraga secara teratur dapat memperbaiki postur tubuh dan membuat tubuh mmenjadi tinggi.

  1. Postur tubuh diperbaiki

Anak muda yang memiliki tubuh bungkuk postur tubuhnya dapat diperbaiki melalui olahraga. Postur tubuh yang bungkuk dapat disebabkan oleh posisi tidur atau posisi duduk yang salah.

  1. Mencegah diabetes

Olahraga bisa digunakan untuk menjaga kualitas unsulin tetap baik, jika kadar insulinnya kurang baik, olahraga bisa membuat kadar insulin di dalam tubuh menjadi baik dan berkualitas. Dengan kadar insulin yang berkualitas dalam tubuh, anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Menghilangkan cedera

Jika anda mengalami cedera, anda dapat melakukan olahraga untuk menghilangkan cedera yang ada pada diri anda.

  1. Membantu pertumbuhan sel baik dalam tubuh

Sel baik di dalam tubuh akan mati jika tidak dijaga pertumbuhannya. Hal yang dapat menghambat pertumbuhannya adalah faktor makanan dan radikal bebas. Efek radikal bebas dapat diatasi dengan berolahraga secara teratur.

  1. Meningkatkan kekuatan sendi

Olahraga juga bisa digunaka untuk menguatkan sendi. Sendi yang sering digunakan untuk berlatih bisa terjaga kekuatannya. Cara untuk melatih sendi adalah dengan berolahraga secara teratur.

  1. Meningkatkan daya ingat otak

Aliran darah yang lancar ke otak akibat teratur berolahraga bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat otak. Lansia yang gemar berolahraga terhindar dari kepikunan akibat daya ingat otaknya yang masih terjaga.

  1. Alternatif untuk berhenti merokok

Olahaga juga bisa digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Saat anda ingin merokok, lakukanloah olahraga, sehingga tubuh anda akan tersugesti untuk tidak menyentuh rokok.

  1. Menghindari serangan kanker rahim

Kanker rahim juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Untuk menyeimbangkan hormon dapat diatasi dengan cara berolahraga. Dengan hormon yang seimbang, risiko terkena kanker dapat diminimalisir. Berdasarkan hasil penelitian, olahraga teratur mampu menghindarkan risiko kanker sebanyak 18 persen.

  1. Meredakan stres

Ketika seseorang stres, otot di kepalanya akan memnegang. Olahraga dapat digunakan untuk melenturkan otot. Otot kepala yang lentur bisa digunakan untuk meredaakn stres yang diderita.

  1. Mencegah kekambuhan asma

Berjalan-jalan santai sambil menghirup udara pagi selama kurang lebih 30 menit bisa mencegah kekambuhan asma. Alasannya, udara yang bersih dan belum tercampur dengan polusi udara akan membersihkan saluran pernafasan anda. Tidak hanya itu, dengan berlatih pernafasan setiap pagi, bisa melebarkan saluran pernafasan. Asma banyak disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan.

  1. Menghindarkan dari penyakit batu empedu

Penelitian menunjukkan fakta bahwa olahraga secara teratur, mampu mencegah seseorang terkena batu empedu.

  1. Meredakan sakit punggung

Punggung yang pegal atau sakit punggung disebabkan oleh kakunya otot di bagian punggung. Otot punggung yang menjadi lentur dengan berolahraga, dapat meredakan sakit punggung yang dialami.

  1. Meningkatkan produktifitas

Orang yang rajin berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat, jiwa yang sehat, serta otak yang sehat. Berbekal semua itu, banyak orang yang bisa meningkatkan produktifitasnya terutama ketika dia bekerja.

  1. Menguatkan ligamen

Olahraga bisa juga digunakan untuk menguatkan ligamen terutama ligamen yang berhubungan dengan otot, tulang,dan sendi.

  1. Membuat mental lebih kuat

Olahraga bisa menyehatkan mental, mental yang sehat bisa digunakan untuk membentuk mental yang kuat.

  1. Memperbaiki diet yang dilakukan

Diet tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan secara teratur saja. Untuk memperbaiki dan menyempurnakan diet yang dilakukan anda bisa melakukan olahraga.

  1. Menghindari penurunan penyakit kognitif

penyakit penurunan kognitif bisa disebabkan oleh adanya kepikunan. Penyebab kepikunan ini karena kurangnya asupan oksigen di dalam otak. Aliran oksigen ke otak bisa menghindarkan seseorang dari penyakit kepikunan. Misalnya parkinson, alzheimer, demensia, dan masih banyak lagi.

  1. Mengurangi kadar trigliserida dalam darah

Trigliserida dalam darah bisa dinormalkan dan kadarnya bisa dikurangi dengan berolahraga secara teratur.

 

Karyawan baru Istana