Agar Jantung Sehat

Hasil gambar untuk jantung sehat

Akhir- akhir ini banyak orang baik anak-anak, remaja, bahkan orang tua, lebih memilih makan makanan cepat saji seperti hotdog, burger, mie instant, dan makanan cepat saji lainnya. Padahal mereka tahu bahwa makanan seperti itu membawa dampak buruk bagi kesehatan. Namun karena kepraktisan yang ditawarkan, banyak masyarakat yang lebih memilih makanan tersebut. Makanan tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

Mengingat banyaknya orang yang menderita penyakit jantung dari tahun ke tahun, maka didirikanlah klub jantung sehat. Kelompok ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah penyakit jantung dan pem,buluh darah, serta upaya – upaya pencegahannya. Klub ini dengan sukarela memberikan pelayanan berupa latihan olahraga jantung secara sehat dan teratur, terawasi, dan terukur dibawah pengawasan dan bimbingan ahli dan mencegah penyakit gagal jantung.

Gagal jantung adalah keadaan diaman pada saat itu jantung harus bekerja dalam keadaan yang lebih sulit dan tidak mampu mencukupi kebutuhan jumlah darah yang dialirkan ke seluruh tubuh. Jantung berfungsi menyediakan darah yang cukup mengandung oksigen dan nutrisi untuk organ – organ dari tubuh. Darah ini harus mempunyai tekanan yang cocok perfungsi dan pemberian makanan. Pada saat yang sama jantung harus memompa darah yang mengandung bahan bahan sisa kea lat alat eksresi misalnya hati dan ginjal. Apabila ada masalah dalam fungsi ini, akan terjadi gagal jantung.

Gejala jantung rusak antara lain:

  • Tekanan darah naik
  • Otot saraf jantung kaku, sehingga memperlambat peredaran darah ke seluruh tubuh.
  • Sesak jika jongkok
  • Tangan berkeringat
  • Tidak tahan berdiri lama
  • Stroke ringan

Bila sudah terkena gejala ini, anda harus waspada. Bisa jadi anda terkena penyakit jantung ringan. Sedangkan hal hal yang dapat menyebabkan rusaknya jantung adalah :

Factor usia, dimana elastisitas dinding pembuluh arteri coronaria menjadi kaku, Diet tidak sehat, Mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, Merokok, narkoba dan minum minuman keras

Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan penyakit jantung, yang berupa:

  1. Mengkonsumsi sayuran berprotein nabati tinggi
  2. Mengonsumsi jeroa dan daging merah sebagai asupan CO Q10 dalam jantung. CO Q10 adalah zat yang ada di setiap sel dan berfungsi untuk pernafasan sel. Kandungan CO Q10 terbanyak ditemukan pada organ jantung, ginjal, lever, dan pancreas. Kekurangan zat ini berakibat tubuh lekas capek, tidak bugar, dan kinerja organ- organ penting mulai melemah.
  3. Berhenti merokok dan rajin melakukan olahraga supaya memperlancar peredaran darah.
  4. Batasi konsumsi garam. Konsumsi garam yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga meningkatkan risiko jantung koroner.
  5. Seringlah tertawa dan tersenyum. Berbagai masalah yang memusingkan berpengaruh terhadap kesehatan jantung anda. Usahakanlah meluangkan waktu untuk menghibur diri sendiri yang dapat melepaskan kepenatan anda.
  6. Luangkan waktu untuk rekreasi. Anda dapat menyegarkan pikiran dengan pergi ke tempat rekreasi atau ke tempat menyenangkan lainnya. Hal ini berdampak baik bagi kesehatan jantung anda. Sehingga jantung anda akan lebih sehat.
  7. Melakukan check up ke dokter dan mengonsumsi obat obat dari dokter bila perlu.

 

Karyawan baru Istana