Khasiat Ajeran Bagi Kesehatan Tubuh

Hasil gambar untuk ajeran

Ajeran adalah merupakan tanaman yang memiliki duavarietas yang cukup dikenal masyarakat yaitu jintan hitam dan jintan putih. Ajeran memiliki nama ilmiah Bidens pilosa L., Bidens leucantha WilldTanaman ajeran bisa dimanfaatkan sebagai minuman seperti halnya teh, anda dapat menggunakan daun anjeran sebagai minuman penyegar. Dengan menggunakan daun ajeran segar lebih kurang 10 gram yang sudah dicuci dan dibersihkan kemudian anda rebus dengan dua gelas air sampai mendidih setelah itu anda dinginkan. Minuman penyegar ajeran siap dinikmati dengan tambahan sedikit gula atau madu sebagai penambah rasa. Ada juga bagian dari tanaman Ajeran yang sering dimanfaatkan adalah biji, baik sebagai rempah dapur maupun obat.

Kandungan Kimia dan Efek Farmatologis

Ajeran memiliki rasa pahit dan sifat gak dingin. Bahan kimia yang terkandung dalam ajeran diantaranya phytosterin B. Efek farmatologis dari ajeran di antaranya anti-piretik (penurun panas), antiradang, menghentikan pendarahan, melancarkan peredaran darah, dan sebagai astringen.

Beberapa Khasiat Ajeran Bagi Kesehatan Tubuh

Bagian akar, daun, dan seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, baik oengobatan luar maupun pengobatan dalam. Berikut khasiat ajeran bagi kesehatan tubuh manusia :

  • Pengobatan Luar.

    Pengobatan luar dilakukan untuk mengobati radang kulit bernanah (piodermi), gigitan ular, memar karena benturan atau pukulan, wasir, dan gatal-gatal. Cara pengobatannya, tumbuk herba segar dna tempelkan pada bagian yang sakit. Cara lain bisa juga dengan campur air secukupnya pada hasil tumbukan herba, masak sampai mendidih, lalu gunakan untuk mencuci bagian yang sakit. Untuk kulit yang terkena koreng, panaskan daun ajeran di atas api sampai layu lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

  • Pengobatan Dalam 

    Berikut khasiat ajeran untuk penyakit dalam:

  1. Sebagai Obat Demam, Influenza, dan Sakit Tenggorokan.

    Rebus 15-120gr herba ajeran dengan 4 gelas air sampai rebusan tersisa 1,5 gelas lalu bagi menjadi dua bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur.

  2. Sebagai Obat Gatal-Gatal.

    Cuci bersih 100gr daun ajeran, rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas, lalubuat menjadi dua bagian yang sama. Minum ramuan 2 kali sehari.

  3. Mengobati Infeksi Hepatitis.

    Rebus 120gr daun ajeran dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas lalu bagi menjadi dua bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur.

  4. Mengobati Mencret.

    Cuci bersih 15-120gr daun ajeran lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu buat dua bagian yang sama lalu minum 2 kali sehari secara rutin.

  5. Mengobati Reumatik Sendi.

    Cuci bersih 100gr daun ajeran lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Buat menjadi dua bagian yang sama lalu minum 2 kali sehari secara teratur.

  6. Dapat Mengobati Radang Selaput Otak.

    Cuci bersih 15-30gr daun ajeran dan 30-90gr akar kemuning. Rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Hasil rebusan ini digunakan untuk 2 kali minum. Akan tetapi, untuk penyakit yang berat minimum 1,5 gelas sekaligus dengan frekuensi 2 kali sehari.

  7. Dapat Mengobati Radang Usus Buntu.

    Cuci bersih 15-120gr daun ajeran dan 30-60gr bawang putih. Rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas dan buat menjadi dua bagian lalu minum 2 kali sehari.

  8. Sebagai Obat Sakit Gigi.

    Cuci bersih daun ajeran secukupnya lalu kunyah untuk diambil airnya sambil diarahkandi bagian gigi yang sakit. Jika air daun ajeran tidak lagi diperoleh maka buang daun yang dikunyah.

  9. Mengobati Sakit Wasir.

    Selain diobati dengan pengobatan luar, wasir juga dapat diobati dengan ajeran melalui pengobatan dalam. Caranya, rebus 15-120gr daun ajeran dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas, lalu bagi menjadi dua bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur.

Gunakan ramuan ajeran sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan. Jangan berlebihan karena semua yang berlebihan bisa memicu timbulnya efek samping seperti gangguan ginjal akibat kerja ginjal yang terlalu keras menyaring kelebihan obat-obatan termasuk herbal.

online istana solo