Alang-Alang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk alang alang

Ada yang tidak mengenal tumbuhan alang-alang atau ilalang? Tumbuhan yang memiliki bahasa latin Imperata cylindrica (L.) ini sering kita jumpai saat kita berjalan-jalan di sawah atau daerah semacamnya seperti rumput yang cukup tinggi dan mengganggu pemandangan. Pada daerah pertanian tanaman alang-alang sering disingkirkan karena dianggap menjadi gulma bagi tanaman lain. Meskipun bagi para petani dikategorikan sebagai gulma karena dapat menghalangi pertumbuhan tanaman yang tengah mereka budidayakan namun dibalik itu semua tumbuhan ini menyimpan berbagai macam manfaat. Bahkan beberapa produsen minuman pelepas dahaga bahkan memanfaatkannya sebagai salah satu bahan baku. 

Kandungan Kimia dan Efek Fermatologis Alang-Alang

Alang-alang memiliki rasa manis dan bersifat sejuk. Bahan Kimia yang terkandung dlam tumbuhan ini yaitu manitol, glukosa, sukrosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tenin, dan polifenol.

Efek fermatologis yang dimiliki alang-alang, di antaranya adalah penurun panas, peluruh kencing (diuretik), menghentikan pendarahan (hemostatik), menghilangkan haus, dan masuk meridian paru-paru, lambung, serta usus kecil.

Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan

Akar alang-alang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa permasalahan kesehatan dan penyakit. Penggunaannya dengan membuat minuman alang-alang yang berbentuk seperti minuman teh. Berikut manfaat alang-alang dalam mengatasi permasalahn kesehatan :

  1. Mengobati Hepatitis Akut Menular.

    Cuci bersih 60gr akar alang-alang kering lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing setengan gelas. lakukan pengobatan selama 10 hari.

  2. Mengobati Kencing Berdarah.

    Cuci bersih 100gr alang-alang segar sampai bersih, potong kecil-kecil lalu rebus dengan 8 gelas air. Setelah tersisa 4 gelas, bagi menjadi3 bagian yang sama untuk diminum 3 kali sehari.

  3. Mengobati Kencing Nanah.

    Cuci 300gr akar alang-alang segar sampai bersih lalu potong kecil-kecil menjadi beberapa bagian. Rebus potongan akar tersebut dengan 8 gelas air sampai tersisa 5 gelas. bagi menjadi 5 bagian yang sama lalu minum 3 kali sehari masing-masing 1 bagian.

  4. Mengobati Muntah Darah.

    Cuci 30-60gr akar alang-alang segar sampai bersih lalu potong-potong kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum sekaligus 1 kali sehari. lakukan secara rutin sampai sembuh.

  5. Mengobati Sakit Mimisan.

    Cuci bersih akar alang-alang secukupnya, tumbuk, lalu peras untuk memperoleh air sebanyak 100 ml. Saring air perasanlalu minum sekaligus1 kali sehari. Bisa juga dengan cara, 30gr akar alang-alang yang dipotong-potong kemudian direbus dengan 3 gelas air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan tadi sekaligus sampai habis.

  6. Sebagai Obat Peluruh Kencing.

    Cuci bersih 10gr akar alang-alang segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minumsekaligus 1 gelas sehari.

  7. Mengobati Radang ginjal Akut.

    Cuci bersih 60-120gr akar alang-alang segar lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan akar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Kontra Indikasi : Bagi penderita lambung lemah dan banyak kencing dilarang minum ramuan ini.

Semoga ulasan di atas tentang alang-alang yang ternyata punya banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh bermanfaat untuk semua. 

Salam Sehat.

online istana solo