Cara Mencegah Alergi Dingin Secara Alami

Alergi dingin memang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak dan orang tua. Alergi terhadap suhu atau udara dingin di Indonesia memang tidak terlalu banyak kasus yang ditemukan, namun dalam musim-musim tertentu alergi dingin juga bisa terjadi. Bentuk alergi dingin sangat beragam mulai dari beberapa gejala seperti flu, pilek maupun gatal di semua bagian tubuh. Namun biasanya penderita tidak menyadari jika hal itu bisa termasuk dalam alergi dingin dan lebih melihat pada reaksi karena perubahan suhu saja.

Alergi dingin dengan beberapa gejala flu sebenarnya sangat berbeda. Gejala flu seperti batuk, pilek, demam, dan bersin memang bisa terjadi seperti alergi dingin. Beberapa gejala seperti flu merupakan penyakit menular yang dengan mudah. terjadi Sementara itu reaksi alergi tidak akan menular karena alergi disebabkan karena sebuah kondisi dalam tubuh itu sendiri. Reaksi alergi bisa terjadi karena ada sistem kekebalan tubuh yang bergerak terlalu aktif ketika ada sebuah zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Cara Mencegah Alergi Dingin

Alergi dan flu adalah gejala yang sangat berbeda karena itu Anda tidak bisa memakai obat flu untuk mengatasi alergi. Hingga saat ini memang belum ada zat pasti untuk mengatasi alergi, namun tetap bisa mencegah alergi dingin dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Hindari Pemicu Alergi.

    Langkah pertama untuk mencegah munculnya alergi dingin adalah menjauhi semua pemicu dari reaksi alergi dingin. Jika memang Anda tinggal dalam lingkungan yang dingin maka bisa diatasi dengan memakai pakaian yang tebal, menjaga suhu tubuh tetap hangat, dan memakai masker untuk melindungi mulut dan hidung. Jika mengalami beberapa gejala alergi sepergi gejala flu maka usahakan untuk menjaga kebersihan tubuh dan menghindari terlalu banyak kontak dengan orang lain. Tapi anda bisa bersikap biasa lagi ketika semua gejala alergi dingin telah hilang.

  2. Banyak Minum.

    Gejala alergi dingin dengan tanda seperti gejala flu memang biasanya terjadi pada semua penderita alergi. Namun dengan perawatan yang benar maka gejala ini bisa melindungi penderita dari beberapa kondisi tertentu seperti sinusitis dan infeksi telinga rongga tengah. Untuk mencegah kondisi yang lebih parah maka penderita alergi sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak air minum. Air minum bisa membantu mengatasi reaksi yang lebih parah karena air akan menjaga metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh tetap kuat dan sehat.

  3. Istirahat Total.

    Ketika semua gejala alergi mulai menyerang tubuh maka  bisa mencoba untuk istirahat dari semua aktivitas. Istirahat akan membantu tubuh agar sistem kekebalan berjalan dengan baik sehingga bisa terhindar dari semua jenis gejala alergi dingin. Istirahat total juga sangat baik bagi penderita alergi dingin yang mendapatkan ruam tanpa gejala flu.

  4. Perhatikan Asupan Makanan.

    Makanan menjadi sumberkebutuhan Nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Tanpa disadari maka banyak orang yang tidak memperhatikan jenis makanan ketika menghadapi alergi dingin. Berbagai jenis nutrisi yang penting untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh memiliki peran penting mengatasi alergi dingin dan termasuk untuk semua gejalanya.

  5. Makanan Pedas.

    Makanan pedas memang sangat nikmat disantap saat cuaca dingin. Ternyata makanan pedas juga bisa membantu mengatasi reaksi alergi dingin. Beberapa jenis makanan penghangat yang sangat disarankan adalah seperti adas dan lobak yang bisa menjadi agen dekongestan alami bagi tubuh. Bahkan beberapa makanan yang diolah dengan rempah seperti adas, merica, dan bahan pedas lain bisa membantu mengurangi hidung meler. Anda bisa mencampur bahan-bahan ini dalam sup atau hidangan berkuah lain.

  6. Sumber Vitamin C.

    Sumbermakanan yang mengandung vitamin C bisa mengatasi reaksi alergi dingin karena bisa menghambat perkembangan dari sel-sel tubuh yang mengeluarkan histamin dalam jumlah yang tinggi. Bahkan sumber vitamin C bisa membantu mengatasi berbagai jenis gejala yang reaksi alergi seperti gatal, ruam dan gejala flu lain. Buah yang mengandung vitamin C juga berperan sebagai sumber antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah semua peradangan. Sumber makanan yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, semangka, apel, stroberi dan beberapa sumber lain.

  7. Sumber Probiotik.

    Probiotik adalah sumber zat yang mampu menjadi efek anti inflamasi dan anti elergi terutama untuk penderita alergi dingin. Sumber probiotik seperti yogurt sangat disarankan untuk semua penderita alergi dingin. Bahkan kondumsi probiotik yang mengandung lactobacillus casei sangat disarankan dikonsumsi rutin paling tidak dua kali dalam seminggu. Sumber probiotik juga bisa dikonsumsi bagi ibu hamil yang menghadapi reaksi alergi dingin.

  8. Sumbe Bioflavonoid.

    Sumber makanan yang mengandung bioflavonoid seperti apel, bawang merah, bawang putih, anggur dan beberapa jenis buah lain bisa mengatasi alergi dingin. Beberapa sumber makanan ini terbukti bisa menjadi penstabil reaksi histamin yang diproduksi dalam jumlah tinggi pada penderita alergi dingin. Bahkan sumber makanan ini juga bisa mengatasi pelepasan histamin yang terlalu tinggi. Semua jenis makanan yang mengandung histamin bisa mengeluarkan quercetin yang bisa membantu tubuh dalam mengatasi peradangan.

  9. Sumber Vitamin E.

    Berbagai jenismakanan yang mengandung vitamin E sangat baik untuk mengatasi alergi dingin. Hal ini terjadi ketika beberapa bentuk dari vitamin E yaitu gamma tokoferol yang bisa membantu tubuh mengatasi reaksi alergi yang muncul pada penderita alergi dingin. Bahkan konsumsi vitamin E dari berbagai jenis sayuran dan buah juga bisa membantu mengatasi produksi histamin yang terlalu tinggi dalam tubuh.

  10. Sumber Magnesium.

    Berbagai jenismakanan yang mengandung magnesium seperti gandum, kacang mete, rumput laut, kacang almond, kacang kenari dan sumber lain sangat baik untuk meredakan gejala alergi dingin. Magnesium bisa berperan sebagai bronkodilator dan agen anti histamin yang bisa membuat syafar dan otot dalam tubuh menjadi lebih baik. Bahkan otot pernafasan juga akan menjadi lebih baik.

Alergi dingin memang hal yang menyiksa terutama apabila mengganggu aktivitas kita. Untuk Anda yang mempunyai masalah alergi dingin, Anda bisa menerapkan cara-cara di atas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat dan berhasil.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo