Mengenal Khasiat dan Manfaat Tanaman Andong

Hasil gambar untuk tanaman andong

Ada yang punya tanaman andong di pekarangan rumah anda? tanaman setinggi 2 hingga 4 m yang seringkali ditemui di area perumahan ini bentuknya yang indah dan warna daun yang berbeda dari daun kebanyakan menjadikan tumbuhan ini cukup banyak diminati sebagai hiasan pagar atau taman, tanda pembatas tanah bahkan juga di area pemakaman. Tanaman andong mempunyai nama ilmiah Cordyline fruticosa (Linn.). Tanaman andong adalah tanaman bahan obat yang bermanfaat sebagai obat berbagai penyakit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmotologisnya

Andong atau tanaman andong memiliki rasa manis, hambar, dan bersifat menyejukan. Kandungan kimia dari tanaman ini ternyata belum banyak diketahui, tetapi kegunaan dari tanaman ini telah banyak diketahui, di antaranya menyejukan darah, menghentikan pendarahan, dan menghilangkan bengkak karena memar (antiswelling).

Bagian Tumbuhan yang Digunakan serta Khasiat dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan andong ini dapat digunakan untuk berbagai penyakit seperti bunga, daun dan akarnya. Berikut khasiat andong :

  • Mengobati Penyakit Kencing Berdarah.

    Rebus 60-100gr daun andong segar atau 30-60gr akarandong kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.

  • Mencegah Keguguran, Haid Terlalu Banyak, dan Wasir Berdarah.

    Cuci bersih 15-30gr daun andong kering, atau 9-15gr bunga andong kering atau 6-10gr akar andong kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.

  • Mengatasi Nyeri Lambung dan Ulu Hati.

    Cuci bersih 15-30gr daun andong kering atau 60-10 akar an dong kering. Rebus bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Minum ramuan sekalugus 1 gelas sehari.

  • Mengobati TBC (tuberkolosis).

    CUci bersih 15-30gr daun andong kering atau9-15gr bungan andong kering, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Minum ramuan 1 gelas sehari.

  • Mengatasi Masalah Terlambat Haid.

    Rebus 60-100gr daun andong segar atau 30-60gr akar andong kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.

Demikian pengenalan dengan tanaman obat andong yang berkhasiat untuk kesehatan semoga bermanfaat. Tanaman ini sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil. Resep herbal dan dosis yang tepat tentunya juga diperlukan untuk mendapatkan manfaat optimal dari tanaman ini.

Salam Sehat.

Artikel Terkait

online istana solo