Anggrung

Mengenal Manfaat Anggrung Bagi Kesehatan Tubuh

Hasil gambar untuk anggrung

Tahu kah anda tumbuhan anggrung, tumbuhan yang dikenal dengan istilah Trema orientalis BI ini memiliki manfaat dan khasiat yang mujarab dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Manfaat daun anggrung untuk kesehatan, selama ini memang belum dikenal banyak orang. Padahal, daun ini berkhasiat untuk mengobati penyakit tertentu dan gangguan kesehatan. Mari kita mengenal tentang kandungan kimia, efek farmakologis serta manfaat dari daun anggrung.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sifat tumbuhan anggrung belum diketahui, tetapi beberapa bahan kimia yang terkandung dalam anggrung, diantaranya saponin, flavonoid, dan polifenol. Sedangan Efek farmakologisnya adalah sebagai antidiare dan antispasmodik.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian daun anggrung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Batuk.

    Cuci bersih 10gr daun anggrung segar lalu rebus dengan 2-3 gelas air selama 25 menit. Setelah dingin, saring, buat menjadi 2 gelas, llau minum saat pagi dan sore hari. Tambahkan jeruk nipis dan madu secukupnya saat minum ramuan ini.

  2. Mengobati Sakit Diare.

    Cuci bersih 8gr daun segar, campur dengan 2 gelas air, lalu rebus. Setelah 25 menit, saring, dan buat menjadi 2 gelas llau minum 2 kali sehari di waktu pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.

  3. Mengobati Masuk Angin, Nyeri Perut dan Disentri.

    Cuci bersih 5gr akar anggrung, campur dengan 2 gelas air, llau rebus. Setelah 25 menit, dinginkan rebusan, lalu saring dan buat menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari di waktu pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.

Itulah manfaat anggrung untuk kesehatan tubuh dan berguna mengobati berbagai penyakit seperti yang tertera diatas dengan cara tradisional alami agar terhindar dari penyakit tersebut.

Salam Sehat.

 

baca Selengkapnya