Anyang-anyang

Tumbuhan Anyang-Anyang dengan Manfaatnya

Hasil gambar untuk tumbuhan anyang-anyang

Pernah ada yang mendengar tumbuhan anyang-anyang? Tumbuhan ini mempunyai nama ilmiah Elaeocarpus grandiflora. Ciri tumbuhan ini adalah pohon dengan bentuk etage; tinggi 6-26 m. Daun bertangkai, berjejal pada ujung ranting, bentuk lanset, beralih demi sedikit pada tangkai, 5-20 kali 1-5 cm, gundul, seperti kulit, bergerigi beringgit tidak dalam; yang tua merah api. Tandan bunga menggantung, berbunga 4-6, panjang 2-10 cm. Tangkai bunga 3-4,5 cm. Daun kelopak merah cerah, berambut. Daun mahkota putih, pada pangkalnya dengan sisik, ke arah ujung melebar sekali dan terbagi dalam taju, panjang; 2-2,5 cm. Dasar bunga kuning, kemudian oranye. Tonjolan dasar bunga berambut halus (seperti bulu anak ayam) rapat. Benang sari seluruhnya berambut. Bakal buah bentuk telur, berambut; kepala putik tidak melebar. Buah bentuk spul, hijau pucat, panjang lk 3 cm. Di hutan di pinggir air, di bawah 500 m; sebagai pohon hias di kebun dan park. Anyang, S, Rejasa, J. Elaeocarpus grandiflorus J.E.Sm. Cat. : Jika buah diinjak, maka duri tempel pada inti buah menembus dinding buah yang lunak dan menyebarlah biji tersebut sebagai apa yang dinamakan „kotak duri" (hoefklitten).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Anyang-anyang memiliki rasa sangat pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini, di antaranya minyak terbang, zat samak, dan ubar merah pada bunga. Bagian buahnya mengandung sapoin, zat pahit, dan elakorpit. Efek Farmakologis yang dimiliki oleh anyang-anyang, di antaranya penurun panas, antiinflamasi, dan sebagai astringen.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit, di antaranya daun, buah, getah daun, batang dan biji. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan tumbuhan anyang-anyang adalah :

  1. Menyembuhkan Penyakit Anyang-anyangen (air kencing sedikit).

    Cuci bersih 2-5 gr buah anyang-anyang kering, tumbuk, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Dinginkan, saring, llau minum air rebusannya sekaligus secara rutin 1 gelas sehari.

  2. Bisa Mengobati Borok dan Bisul. Cuci bersih daun muda anyang-anyang secukupnya, tumbuk halus, lalu tempelkan pada kulit yang terkena borok dan bisul.
  3. Mengobati Mencret Menahun, Sakit Kepala Sebelah (Migren).

    Cuci bersih 250gr kulit batang anyang-anyang lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus 1 gelas sehari.

  4. Mengatasi Sakit Sariawan.

    Cuci bersih 250gr kulit buah anyang-anyang lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

 

Nah itulah manfaat tumbuhan anyang-anyang bagi kesehatan tubuh untuk mengobati berbagai penyakit seperti yang dijabarkan diatas. Semoga apa yang sudah di sampaikan di atas dapat bermanfaat.

Salam Sehat.

baca Selengkapnya