Apa Obat Herbal Amandel Terbaik?

Apa Obat Herbal Amandel Terbaik?

Related image

APA OBAT HERBAL AMANDEL TERBAIK?

Penyakit amandel adalah kata lain dari penyakit tonsil yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Dimana penyakit ini terutama menginfeksi yang bisa menyebabkan masalah radang tenggorokan. Amandel sendiri merupakan dua buah kelenjar getah bening di kedua sisi belakang tenggorokan yang mempunyai fungsi untuk bisa membantu menyaring bakteri dan juga mikroorganisme yang lain sebagai bentuk salah satu mencegah penyakit amandel parah, dimana bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengandung sel-sel antibodi.

Penyakit amandel sering menyerang pada anak-anak meski kadang juga menyerang orang dewasa. Penyakit ini biasanya mengganggu pernapasan, proses menelan, sampai menimbulkan rasa nyeri di area tenggorokan, faring, juga telinga. Apabila penyakit ini sudah semakin membesar dan membahayakan penderita karena sangat mengganggu, tindakan yang sering dilakukan dokter adalah pengoperasian amandel.

Sekarang banyak dokter yang sepakat bahwa pembengkakan yang biasa pada amandel bukan pertanda bahwa amandel tersebut harus dibuang. “lebih baik merawat dan mengobati amandel yang membengkak daripada membuangnya selagi fungsi amandel masih baik”. Sebab, sebenarnya amandel adalah bagaikan saringan kuman penyakit yang beredar dalam darah.

Untuk cara mengobati amandel tidak selalu dengan jalan operasi pembedahan atau pengangkatan amandel. Pengobatan amandel juga cukup dan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan herbal alami dari tumbuhan, rempah maupun buah.

Faktor Penyebab Penyakit Amandel

Ada banyak virus yang dapat menyebabkan tonsilitas, yang paling umum adalah virus Epstein-Barr dan virus Coxsackie. Diantara bakteri yang menyebabkan tonsilitis, kelompok streptokokus A adalah yang paling umum. Faktor lain yang menjadi faktor penyebab radang amandel yaitu :

  • Faktor makanan
  • Kekurangan vitamin C
  • Kurangnya konsumsi air putih setiap hari
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas
  • Kurangnya perhatian terhadap kebersihan ketika sebelum makan.

Tanda dan Gejala Umum Amandel

  • Merah dan bengkak pada amandel
  • Timbul bercak atau lapisan putih kekuningan pada amandel
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit menelan
  • Leher bengkak
  • Sakit kepala
  • Tubuh terasa sakit atau pegal
  • Biasanya disertai batuk dan pilek atau hidung tersumbat
  • Panas dingin (meriang) terkadang sampai demam

BAHAYAKAH PENGANGKATAN AMANDEL?

Tak perlu langsung panik jika amandel sakit atau bengkak, apalagi langsung memutuskan operasi. Beberapa amandel bisa sembuh dengan pengobatan biasa. Sebenarnya amandel merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam tubuh, yaitu sebagai benteng pertama yang membentengi tubuh dari masuknya bakteri virus serta mikroorganisme lainnya yang akan masuk kedalam tubuh.

Setiap tindakan yang tidak alamiah tentunya menimbulkan dampak yang berasal dari reaksi tubuh karena perubahan yang terjadi secara ekstrim dan tiba-tiba, dan begitupun dengan operasi amandel yang mana operasi ini dapat menimbulkan efek samping dari tindakan pengangkatan amandel itu sendiri, lalu apa saja efek samping yang ditimbulkan dari operasi berikut penjelasanya :

  • Rasa Sakit Di Area Tenggorokan. Rasa sakit akibat amandel yang membengkak masih bisa dirasakan terutama 1-2 hari setelah pengangkatan amandel.
  • Pendarahan Pasca Operasi. Setelah pembedahan amandel luka pengangkatan akan menimbulkan pendarahan dan bisa menyebabkan penderita muntah darah, namun kasus ini jarang ditemukan.
  • Terkena Infeksi. Luka sayatan yang benar-benar sembuh bisa terkena infeksi yang disebabkan karena masuknya makanan dan udara ke dlaam tenggorokan.
  • Rasa Tidak Nyaman. Rasa mengganjal dibagian dalam mulut dan hal ini biasanya menyebabkan seorang menjadi merasa risih.
  • Adanya Rasa Sakit Di Bagian THT. Salah satu bagian THT yang paling sering menimbulkan rasa sakit setelah operasi amandel adalah telinga yang mana bisa mengganggu pendengaran.

Masalahnya, kalau amandel diangkat, maka salah satu benteng pertahanan tubuh di mulut akan berkurang. Para pakar medis mengkhawatirkan ini akan memengaruhi kinerja sistem getah bening dan daya tahan tubuh. Dan terbukti di beberapa kasus, anak dengan amandel yang sudah diangkat mengalami kerentanan terhadap penyakit pencernaan, meski belum ada pembuktian secara empiris mengenai informasi ini.

BAGAIMANA MENGATASI AMANDEL DENGAN OBAT HERBAL AMANDEL?

Seperti memakan buah simalakama, ketika Anda sudah berhadapan dengan masalah amandel ini. Ketika keputusan diangkat atau tidak seolah sama berisikonya terhadap kesehatan pasien. Dan itu sebabnya ada baiknya Anda mencoba mencari sudut pandang lain dalam mengatasi amandel ini, salah satunya dengan mencari obat herbal amandel yang akan mengatasi melalui cara tradisional.

Selama ini ketika radang amandel muncul, secara medis, dokter hanya akan memberikan antibiotik dan antiinflamasi. Dan memutuskan pengangkatan apabila ukuran amandel menjadi terlalu besar. Lalu bagaimana dengan teknik pengobatan menggunakan obat herbal?

  1. Obat Herbal Amandel Menggunakan Lemon. Obat amandel herbal ampuh yang pertama adalah lemon. Air perasan jeruk lemon bisa membantu mengatasi amandel bengkak dan gejala lainnya yang juga mengganggu, sebab lemon memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Air lemon bisa dicampur dengan madu dan juga sedikit air hangat jadi dikonsumsi ketika hangat untuk menghilangkan sakit di tenggorokan. Jika tidak ada lemon bisa menggunakan jeruk nipis yang juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi radang amandel. Jeruk nipis diperas kemudian ambil airnya dan beri sedikit kapur sirih dan aduk rata. Minum sebelum tidur pada malam hari dan lakukan 3 hari berturut-turut.
  2. Obat Herbal Amandel Menggunakan Madu. Obat amandel herbal ampuh bisa juga dari madunya saja. Pada saat sedang mengalami radang amandel lebih sering mengkonsumsi madu agar cepat sembuh, karena madu pun bisa mengatasi infeksi pada tubuh.
  3. Obat Herbal Amandel Menggunakan Daun Saga. Obat amandel herbal ampuh dari daun saga. Daun saga ini bisa membantu mengatasi peradangan di amandel. Maka dari itu ketika sedang mengalami radang amandel bisa mengkonsumsi air rebusan daun saga.
  4. Obat Herbal Amandel Menggunakan Jahe. Obat amandel herbal ampuh ialah jahe. Air jahe bisa membantu mengatasi infeksi di kelenjar amandel karena virus atau pun bakteri.
  5. Obat Herbal Amandel Buah Mengkudu. Buah mengkudu dan madu murni secukupnya. Peraslah dahulu buah mengkudu tersebut, saring dan tambahkan sedikit air panas. Setelah itu, perasan tersebut dimasukkan ke dalam gelas. Kemudian campur dengan madu dan aduk hingga rata. Diminum 3 kali sehari dan minum obat tersebut terus dipakai berkumur terlebih dulu selama beberapa menit kemudian ditelan.
  6. Obat Herbal Amandel Menggunakan Sambiloto. Anda bisa membuatnya dengan cara menyeduh bubuk sambiloto sebanyak 3-4, 5gr dan diseduh dengan menggunakan 200cc air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu murni, diaduk, dan diminum selagi hangat. Atau dengan cara lain yaitu 30gr sambiloto segar atau sekedar 15gr yang kering, setelah itu direbus dengan menggunakan 800cc air sampai tersisa setengahnya saja, kemudian 200cc jus nanas ditambahkan dan setelah itu diaduk dan diminum untuk 3 kali dalam sehari dan sekali diminum adalah dosisnya 200cc air.

Demikianlah sejumlah bahan-bahan obat herbal amandel yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi problem amandel yang membandel. Bahan-bahan herbal jauh lebih aman daripada prosedur medis yang cenderung memberi efek samping. Namun semuanya tetap tergantung pada pilihan Anda, apakah memercayakan pada obat alami atau pada penanganan medis oleh dokter.

baca Selengkapnya