Apa Obat Herbal Hipertensi Terbaik?

Related image

APA OBAT HERBAL HIPERTENSI TERBAIK?

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi menempati ranking pertama sebagai penyebab stroke dan serangan jantung, sreta merupakan faktor utama dalam gagal ginjal jantung kongestif. Tekanan darah tinggi tidak diragukan lagi adalah salah satu penyakit yang paling umum dan paling berbahaya dalam kehidupan modern.

Sekitar 20% dari semua orang dewasa menderita tekanan darah tinggi dan menurut statistik angka ini terus meningkat. Sekitar 40% dari semua kematian di bawah usia 64 tahun adalah akibat tekanan darah tinggi atau hipertensi dan sekitar 40% lainnya dari semua orang yang pensiun dini adalah akibat penyakit-penyakit kardiovaskular, dimana tekanan darah hipertensi sering menjadi penyebabnya.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menunjukkan bahwa penderita hipertensi yang berusia di atas 18 tahun mencapai 25,8 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Dari angka tersebut, penderita hipretensi perempuan lebih banyak 6 persen dibanding laki-laki. Sedangkan yang terdiagnosis oleh tenaga kesehatan hanya mencapai sekitar 9,4 persen.

Ini artinya masih banyak penderita hipertensi yang tidak terjangkau dan terdiagnosa oleh tenaga kesehatan dan tidak menjalani pengobatan sesuai anjuran tenaga kesehatan. Hal tersebut menyebabkan hipertensi sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Apa itu Penyakit Hipertensi?

Hipertensi adalah kondisi tekanan darah tinggi dan dapat mengakibatkan penyakit lain seperti penyakit jantung. Tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong melawan dinding arteri, dari jantung yang memompa darah melalui arteri. Tekanan darah yang terlalu tinggi akan mengganggu sirkulasi darah.

Tekanan darah terbagi menjadi dua angka. Tekanan sistolik adalah angka atas, dan tekanan diastolik adalah angka bawah. Keduanya tercatat sebagai mm Hg (milimeter merkuri), yang memberi tahu tinggi kolom merkuri yang meningkat karena tekanan. Tekanan sistolik adalah tekanan maksimal karena jantung berkontraksi, sementara tekanan diastolik adalah tekanan terendah antara kontraksi (jantung beristirahat).

Tekanan darah normal biasanya adalah 120/80. Seseorang disebut mengidap hipertensi atau memiliki darah tinggi jika angkanya sekitar 140 mm Hg sistolik atau lebih, dan/atau 90 mm Hg diastolik atau lebih. 

Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Hipertensi

Penderita hipertensi biasanya tidak menunjukkan ciri apapun atau hanya mengalami gejala ringan. Namun, darah tinggi yang parah mungkin menyebabkan gejala-gejala seperti:

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Penglihatan buram
  • Mual
  • Telinga berdenging
  • Kebingungan
  • Kelelahan

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, segera konsultasikan ke dokter dan periksakan tekanan darah Anda. Biasanya jika tekanan darah Anda menunjukan angka yang tinggi, dokter akan segera memberikan resep obat kimia yang harus di konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Namun, bagi Anda yang takut untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia karena takut ketergantungan, kini sudah banyak orang mengetahui tanaman-tanaman herbal yang alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah hipertensi Anda. Lalu, obat herbal apa yang bisa digunakan untuk menurunkan hipertensi? Tanaman herbal apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah hipertensi?

Obat Herbal Untuk Menurunkan Hipertensi

Jika berbicara mengenai hipertensi, pastinya sangat berhubungan dengan permasalahan kesehatan dari pembuluh darah. Hal ini karena penyakit darah tinggi atau hipertensi ditimbulkan oleh adanya masalah pada sistem pembuluh darah, seperti ada pengerasan dan penyumbatan pembuluh arteri sehingga dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati para penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, diantaranya dengan obat-obatan, baik obat kimia maupun obat alami. Namun konsumsi obat kimia antihipertensi secara terus menerus memiliki efek samping jangka panjang yang tidak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk lebih memilih menggunakan obat-obat alternatif non-kimia atau tanaman obat alami. Banyak dari obat alami yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi jika dikonsumsi secara teratur. Berikut beberapa di antaranya daftar tanaman obat untuk menyembuhkan hipertensi.

  1. Daun Seledri.

    Bagian yang dipakai adalah daun dan tangkai seledri. Seledri mengandung Flavonoid: apigenin, apiin, isokuersetinyang dapat menurunkan tekanan darah. Cara kerja antihipertensi adalah sebagai penghambat enzim angiotensin converting (ACE Inhibitor). cara pemakaiannya adalah Cukup rebus 250 gram herba seledri segar hingga mendidih, dan konsumsi sehari sekali. Harap diperhatikan, buah seledri dilaporkan mempunyai efek terhadap siklus menstruasi dan bersifat sebagai bahan aborsi. Karena itu, tidak boleh dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Cara lain dengan mengkonsumsi sebagai jus. Sebanyak 100 gram seledri segar di jus ditambah madu secukupnya, diminum sehari dua kali pagi dan sore.

  2. Daun Sirsak.

    Daun sirsak dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi resistensi pembuluh darah perifer.Cara pemakaiannya yaitu 10 lembar daun sirsak direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai tersisa 1 gelas.

  3. Jinten Hitam.

    Jinten hitam teruji klinis pada pasien hipertensi sebanyak 70 orang usia 34-63 tahun, menunjukkan bahwa konsumsi 5 mL minyak N. sativa oil menurunkan tekanan darah selama 8 minggu tanpa ada efek samping yang menugikan(husseini, 2013). Cara pemakaiannya yaitu Satu sendok teh minyak biji jintan hitam, dicampur dengan madu dan dikonsumsi secara teratur bersamaan dengan waktu sarapan, makan siang dan makan malam.

  4. Pule Pandak.

    Akar, batang dan daun tanaman pule pandak dapat digunakan untuk menurunkan hipertensi. Cara pemakaiannya adalah Akar pule pandak sebanyak 50 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Minumlah pagi dan sore hari, masing-masing 1/2 gelas.Namun dalam pemakaian tanaman ini harap berkonsultasi dengan petugas kesehatan, tidak boleh dikonsumsi wanita hamil dan menyusui.

  5. Belimbing Wuluh.

    Buah belimbing wuluh Mengandung flavonoid, diterpen alcohol asiklik yang memiliki khasiat sebagai antihipertensi dengan mekanisme diuretika yakni mengeluarkan jumlah air dalam plasma darah dengan cara mengeluarkannya sebagai urin. Cara pemakaiannya yaitu Tiga buah dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah makan pagi.

  6. Mentimun.

    Bagi penderita hipertensi, cara mudah untuk menjaga agar tekanan darah selalu dalam kondisi stabil adalah dengan membiasakan diri untuk selalu mengonsumsi mentimun. Buah ini mempunyai kandungan utama air, vitamin C,caffeic acid, serat, mineral (silica, potasium, dan magnesium). Cara pembuatan 2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

  7. Kumis Kucing.

    Daun dari tanaman ini telah terbukti secara klinis mempunyai efek diuretik yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi ringan ataupun sedang.Untuk pemakaian secara tradisional, rebus 50 gram daun kumis kucing menggunakan 2 gelas air selama lima belas menit, kemudian disaring. Minum dalam keadaan hangat, segelas sehari, setiap pagi.

  8. Mengkudu.

    Kandungan utamanya yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal.Cara pemakaiannya Dosis sari buah mengkudu yang bisa diberikan adalah sebanyak 1-2 sendok makan (15 ml – 30 ml), diminum 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, kira-kira setengah jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan, agar penyerapannya sempurna.

  9. Bawang Putih.

    Penggunaan bawang putih untuk menurunkan hipertensi secara umum yaitu Dosis efektif serbuk bawang putih adalah 200-300 mg 3 kali sehari. Penggunaan bawang putih dianjurkan bersamaan dengan makanan lain, untuk menegah rasa tidak enak pada sal cerna.

Demianlah ulasan mengenai obat herbal hipertensi terbaik. Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan hipertensi bisa mencoba salah satu tnaman herbal herbal di atas untuk menurunkan tekanan darah hipertensi Anda. Bagi yang belum, jangan sampai yaa, jadi Anda bisa antisipasi untuk tidak mengalami hipertensi dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat setiap hari.

 

HIU Kombinasi Hipertensi

Bagi anda yang sedang mencari obat penyakit darah tinggi, anda tidak usah bingung karena kini telah hadir obat penyakit darah tinggi paling ampuh yaitu obat herbal kombinasi  darah tinggi HIU Neotensi, HIU sambung nyawa, dan HIU Daun Dewa.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo