Asam Jawa Untuk Diet dan Cara Mengolahnya

Hasil gambar untuk asam jawa

Asam jawa atau asem adalah sejenis buah yang rasanya masam, dan biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia, baik sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam masakan.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui akan manfaat asam jawa untuk diet. Asam jawa memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan bisa membuat badan jadi kurus secara alami. Anda yang memiliki tubuh gemuk dan menginginkan kurus maka air asam jawa bisa dijadikan bahan untuk dikonsumsi baik dalam bentuk air/minuman maupun campuran di dalam setiap sayuran yang Anda sajikan setiap hari.

Kandungan Asam Jawa

Kandungan asam jawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta menurunkan berat badan. Kandungan asam jawa diantaranya adalah flavonoid. Falvonoid ini bermanfaat di dalam menangkal radikal bebas, sebagai antioksidan, mencegah dari penuaan dini, mencegah alergi, mencegah penggumpalan/pembekuan darah dalam tubuh, mencegah diare serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan daging asam jawa meliputi asam tartrat, asam malat, asam asetat, asam suksinat, asam sitrat. Untuk daun asam mengandung senyawa flavonoid, pectin, fenol serta saponin. Kandungan penting lainnya dari asam jawa adalah vitamin C, protein, serat, vitamin A dan kalium.

Manfaat Asam Jawa Untuk Diet

Diet adalah kondisi yang dilakukan untuk mengatur pola makan agar tetap terkontrol. Banyak yang ingin melakukan diet tapi menggunakan cara yang tidak aman. Dalam berdiet bukan untuk memilih tidak makan tapi mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. Diet yang sehat salah satunya dengan menggunakan bahan yang berasal dari alam. 

Bahan alami biasanya memang tidak memberikan hasil yang cepat seperti obat-obatan dari bahan kimia. Tapi bahan alami memberikan hasil yang pasti dan lebih aman meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahan alami juga tidak memiliki efek samping tapi tetap konsumsi dalam jumlah yang cukup. Jangan berlebihan.

Dalam menjalankan program diet, anda harus memiliki keinginan yang kuat dalam menyelesaikan diet sampai berat badan yang diinginkan sesuai. Banyak yang terhenti dalam menyelesaikan program diet karena merasa bosan, ada juga yang memutuskan berhenti diet karena berat badan yang tidak mengalami penurunan.

Berat badan yang tidak mengalami penurunan bisa disebabkan karena tubuh harus menyesuaikan kondisinya terlebih dahulu sebelum berat badan turun. Jadi jika anda ingin mendapatkan berat badan yang sesuai maka asam jawa bisa jadi salah satu jawabannya untuk membantu diet. Cara berdiet dengan menggunakan asan jawa sudah dilakukan sejak lama. Asam jawa dapat  memberikan manfaat bagi diet karena kandungan yang dimilikinya. Untuk membantu diet minumlah air asam jawa yang telah di rebus. Air asam jawa yang telah direbus dapat disaring pada saat masih hangat dan minumlah saat hangat kuku.

Fungsi air asam jawa adalah sebagai berikut :

  • Air asam jawa berfungsi untuk melarutkan lemak yang ada dalam tubuh. Lemak tersebut akan dikeluarkan pada saat berkemih. Sehingga asam jawa cocok untuk berdiet. Tetapkanlah untuk minum air rebusan asam jawa secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Air asam jawa juga dapat digunakan sebagai jamu. Jamu sudah lama dikonsumsi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Cara Pengolahan Asam Jawa Untuk Diet

Asam jawa memiliki rasa asam yang khas, jika tidak suka rasa asamnya dapat ditambakan dengan bahan – bahan berikut ini yaitu kunyit, susu dan madu. Menambahkan campuran kunyit susu dan madu dapat menambah cita rasanya tapi tidak menghilangkan kandungan di dalam asam jawa.

Berikut ini cara pengolahan asam jawa  saat dicampur dengan kunyit :

  • Sediakan asam jawa yang sudah dicuci.
  • Sediakan kunyit yang kulitnya sudah di kupas. Dan di haluskan.Manfaat kunyit sangat banyak untuk tubuh.
  • Masukkan ke dalam wadah untuk direbus.
  • Tambahkan 3 gelas air putih.
  • Setelah mendidih saring airnya dan dapat diminum satu kali sehari secara teratur.

Pengolahan asam jawa saat dicampur dengan madu :

  • Sediakan asam jawa yang segar.
  • Sediakan manfaat madu asli
  • Rebuslah asam jawa dengan air tiga gelas sampai mendidih. Saring untuk diambil airnya kemudian terakhir dapat ditambahan madu untuk menambah rasa manis.
  • Minumlah sehari satu kali secara teratur, agar membantu menurunkan berat badan.

Pengolahan asam jawa untuk kempiskan perut:

  • Ambil 1 buku asam jawa yang telah disiapkan, kemudian remas
  • Masukkan kedalam gelas
  • Tambahkan dengan gula kalori rendah secukupnya
  • Tuangkan air dingin kedalam gelas
  • Aduk sampai tercampur rata
  • Air asam jawa untuk diet siap untuk diminum.

Nah itulah manfaat asam jawa untuk diet dan cara pengomahannya. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh kurus bisa mencoba racikan diatas. Semoga bermanfaat dan sukses menurunkan berat badan Anda.

 

Madu Diet At-Thoifah

Saat ini ada metode baru cara melangsingkan tubuh, aman dan nyaman, yaitu dengan mengkonsumsi Madu Diet Ath Thoifah. Madu yang diramu khusus dengan berbagai herbal ini memudahkan dalam melangsingkan tubuh.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo