Beberapa Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Hasil gambar untuk buah asam jawa

Manfaat asam jawa sudah tidak tergantikan terutama untuk mengobati beberapa penyakit seperti disentri. Asam jawa atau biasa disebut “asem” merupakan jenis buah yang memiliki rasa masam. Asam jawa yang bernama latin Tamarindus indica, L sering digunakan sebagai bumbu dapur ataupun dibuat manisan asam. Pernah makan sayur asam atau pempek? Nah, kuahnya pasti mengandung campuran asam jawa. Kenyataannya asam jawa tidak hanya digunakan sebagai pelengkap rasa masakan. Pohon asam yang dimanfaatkan daun dan buahnya ini bisa digunakan menjadi obat herbal alami yang bisa mengobati berbagai penyakit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Buah asam jawa memiliki rasa manis, asam, dan bersifat sejuk. Buh asam jawa mengandung bahan kimia, seperti gula invert, tartaric acid, citric acid, serine, β-alanin, vitamin B3, geranial, limonene, peptin, proline, leusin, phenylalanine, dan pipecolic acid. Bagian daunmengandung stexin, iovitexin, dan isoorientin, sedangkan pada kulit kayu mengandung zat tanin. 

Efek Farmatologis asam jawa di antaranya antiseptik, menghilangkan rasa sakit, peluruh kandungan (abortivum), Penurun panas, penambah nafsu makan, sebagai astringen, dan tonik.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah tanpa biji, daun, dan kulit biji terluar dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

  1. Mengobati Batuk.

    Cuci 10gr daging buah asam, seduh dengan 1 gelas air panas, lalu minum bersama gula merah secukupnya 1 gelas sehari.

  2. Mengatasi Bisul.

    Cuci bersih daun asam jawa dan rimpang kunyi secukupnya, tumbuk haluslalu tempelkan pada bisul. Lalukan secara rutin sampai bisul hilang.

  3. Mengatasi Borok Karena Luka.

    Cuci bersih biji asam atau daun kering secukupnya, tumbuk halus, oleskan pada borok, lalu balut. Lakukan secara rutin sampai borok hilang. 

  4. Mangatasi Gangguan Pencernaan.

    Seduh 1-2gr kulit kayu asam dengan 1 gelas air panas, minum secara rutin 1 gelas sehari.

  5. Mengatasi Karang Gigi. Sangrai biji asam secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu gosokkan ke karang gigi dengan kain atau sikat gigi.
  6. Dapat Menurunkan Berat Badan.

    Cuci buah asam masak secukupnya, kupas kulitnya lalu makan.

  7. Mencegah Rambut Rontok.

    Campur buah asam yang sudah masak dengan sedikit air. gunakan ramuan untuk mengurut kulit kepala, cuci dengan sampo, lalu bilas dengan air bersih.

  8. Mengobati Radang Payudara.

    Cuci bersih buah asam jawa secukupnya lalu remas sampai hancur. Campur sedikit air garam kedalamnya, aduk rata, lalu tempelkan pada payudara yang sakit. Setelah dibalur merata, balut dengan kain.

  9. Mengobati Rematik dan Bengkak Karena Terpukul (lebam).

    Cuci bersih daun muda asam jawa dengan rimpang kulit secukupnya lalu giling sampai halus. Seduh hasil gilingan dengan sedikit air panas lalu belurkan padabagian yang sakit. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

  10. Mengobati Sariawan.

    Cuci bersih buah asam jawa atau bubuk kulit kayu asam jawa lalu campurkan dengan air secukupnya llau gunakan untuk berkumur.

Demikian manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh serta pengobatannya, jangan sia-siakan manfaatnya.

Catatan : wanita hamil dilarang memakan buah asam jawa yang tua.

Salam Sehat. 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo
  • Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088
  • Istana Herbal Yogyakarta
  • Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155
  • Istana Herbal Malang
  • Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281
  • Istana Herbal Jakarta
  • Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Artikel Terkait

online istana solo