Penderita Asam Urat Dilarang Konsumsi Makanan Ini!!

Hasil gambar untuk Penderita Asam Urat Dilarang Konsumsi Makanan Ini!!

Sering merasa nyeri di daerah persendian? Hati-hati mungkin itu merupakan tanda-tanda Anda menderita asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini disebabkan oleh uric acid alias asam urat, alias produk yang dihasilkan tubuh ketika memecah purin, yang menumpuk di persendian.

Meskipun penyakit ini tidak bisa disembuhkan hingga total sebenarnya masih bisa dikendalikan agar tidak terkena bahaya asam urat tinggi bagi tubuh. Pada dasarnya penderita harus mencoba untuk mengendalikan makanan yang masuk ke tubuh. Makanan yang mengandung purin tinggi sebaiknya dihindari agar asam urat tidak naik.

Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. Purin dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Terdapat makanan yang mengandung purin tinggi, dan makanan inilah yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Makanan Yang Dilarang

Berikut ini adalah daftar makanan yang dilarang untuk dikonsumsi penderita asam urat karena kandungan purin di dalamnya:

  1. Makanan Laut (tuna, ikan asin, dan ikan herring).

    Makanan laut menyediakan mineral yang protein yang lebih tinggi dibandingkan ikan tawar. Karena itu nilai gizinya memang sangat baik untuk tubuh. Namun orang yang menderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi beberapa jenis makanan laut seperti ikan tuna, ikan asin dan ikan herring. Semua jenis ikan ini mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Ketika kadar purin tinggi masuk ke tubuh maka semua gejala asam urat akan terasa sangat cepat. Bahkan jika Anda hanya makan dalam jumlah yang kecil, maka serangan asam urat tinggi bisa terasa lebih cepat.

    Solusi: Anda tetap bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan laut yang masih ditoleransi seperti udang, kerang, ikan salmon, kepiting dan belut. Namun jumlah konsumsi harus dibatasi untuk mencegah kenaikan asam urat, yaitu sekitar 200 – 400 gram saja.

  2. Daging Merah (daing sapi, ayam, babi, dan kalkun).

    Penderita asam urat tinggi sebaiknya memang tidak mengkonsumsi daging merah. Semua jenis daging merah dari hewan apa saja mengandung purin yang tinggi. Selain itu cara pengolahan daging merah yang dimasak dengan santan dan minyak goreng bisa menyebabkan serangan asam urat yang sangat cepat.

    Solusi: Anda mungkin tidak bisa menghindari daging terus menerus, karena tubuh bisa kekurangan nutrisi. Namun Anda bisa membatasi konsumsi daging merah yaitu maksimal 500 gram per hari. Alternatif daging lain yang lebih sehat misalnya daging ayam dan daging bebek tanpa lemak. Dan hindari memasak daging goreng untuk penderita asam urat.

  3. Karbohidrat Terproses/olahan (kue putih, pasta, permen dan nasi putih).

    Semua penderita asam urat juga tidak bisa mengkonsumsi semua jenis makanan yang diolah dari bahan karbohidrat. Makanan yang terbuat dari karbohidrat mengandung tingkat kalori yang sangat tinggi. Efek dari kalori yang tinggi bisa membuat berat badan naik dengan cepat. Jika sudah seperti ini maka kadar asam urat akan naik secara alami. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi berlebih agar tidak terkena akibat kelebihan karbohidrat.

  4. Sayuran (asparagus, bayam, kale, kembang kol, jamur, kacang panjang).

    Penderita asam urat sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi sayuran yang mengandung purin tinggi seperti dalam sayur yang dilarang untuk asam urat. Beberapa jenis sayuran ini seperti asparagus, bayam, jamur, kembang kol, kacang panjang dan labu. Makanan ini memang mengandung serat dan zat besi tinggi yang bisa mencegah anemia atau berbagai gejala anemia seperti tubuh lemah dan lesu. Namun jika dikonsumsi oleh orang dengan gangguan asam urat tinggi maka bisa membuat asam urat menjadi lebih tinggi akibat dampak purin dalam sayuran.

    Solusi: Anda tentu tidak akan bisa menghindari sayuran terus menerus, karena sayuran hijau ini memang sangat sehat untuk tubuh. Namun Anda bisa membatasi jumlah konsumsi sayuran setiap hari. Selain itu lebih baik juga menggantikan dengan sayuran putih seperti lobak, sawi putih, dan jenis sayuran lain.

  5. Organ Dalam atau Jeroan (sapi dan ayam).

    Semua jenis organ dalam hewan atau lebih dikenal dengan jeroan memang bisa dikonsumsi setelah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Jeroan termasuk salah satu penyebab kolesterol tinggi sehingga sangat berbahaya untuk asam urat.  Karena rasanya yang lezat maka jeroan memang banyak disukai. Namun untuk orang yang menderita asam urat tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi jeroan meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Jeroan bisa membuat asam urat naik cepat termasuk berbagai gejala yang terjadi setelah makan. Selain mengandung kadar purin yang tinggi, semua jenis jeroan bisa menyebabkan kolesterol tinggi karena lemak dalam kandungan makanan ini. Tubuh bahkan bisa terkena berbagai jenis bahaya lemak jenuh dan bahaya konsumsi jeroan bagi kesehatan.

    Solusi: daripada mengkonsumsi jeroan binatang sebaiknya Anda mencari solusi untuk jenis daging lain yang lebih sehat, seperti daging ayam dan daging bebek.

  6. Makanan Kemasan.

    Semua jenis makanan ringan atau makanan kemasan memang bisa dinikmati saat bersantai. Tapi sebaiknya penderita asam urat tinggi tidak mengkonsumsi semua jenis makanan olahan pabrik atau makanan kemasan. Beberapa makanan yang sangat dilarang termasuk semua jenis keripik, makanan beku dan juga makanan ringan lain. Semua makanan ini mengandung garam dengan tingkat yang sangat tinggi sehingga bisa terkena bahaya konsumsi garam berlebihan.

    Solusi: hindari semua jenis makanan ringan atau makanan kemasan. Lebih baik jika Anda mencoba untuk membuat resep sendiri yang lebih sehat. Jadi kebiasaan makan di rumah bisa membantu mengatur serangan asam urat tinggi.

  7. Semua Minuman Manis.

    Semua jenis minuman manis sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Minuman atau makanan yang manis bisa menyebabkan asam urat tinggi dan diabetes. Kadar bahan pemanis seperti gula cair dan fruktosa dalam berbagai minuman manis akan membuat tubuh menghasilkan asam urat yang sangat tinggi. Selain itu berbagai jenis minuman yang mengandung pemanis bisa menyebabkan kondisi tubuh lemah akibat kadar kafein yang terkandung dan juga tubuh kurang sehat.

    Solusi : Jika Anda ingin minum maka Hindari semua jenis minuman manis dalam kemasan. Air putih atau jus tanpa gula menjadi cairan paling sehat untuk penderita asam urat tinggi.

  8. Minuman Alkohol.

    Alkohol juga sebaiknya tidak diminum oleh orang yang menderita asam urat tinggi.  Alkohol bisa menyebabkan dampak yang serius untuk penderita asam urat karena alkohol akan meningkatkan asam urat lebih cepat dibandingkan makanan laut. Alkohol juga bisa merusak kerja atau fungsi organ seperti hati dan ginjal. Kadar racun yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan dampak serius termasuk kegagalan fungsi organ.

    Solusi : tidak ada pengganti alkohol apapun yang bisa diminum oleh penderita asam urat. Semua penderita asam urat sebaiknya lebih sering minum air putih atau sari buah tanpa gula.

  9. Semua Makanan Berlemak Jenuh.

    Semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh bisa membuat kemampuan ginjal menurun. Dampaknya maka kadar asam urat menjadi sangat tinggi dan juga resiko penyakit lain termasuk serangan jantung dan kanker. Berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya seperti makanan cepat saji, semua jenis makanan yang digoreng dan susu tinggi lemak.

    Solusi : Jika Anda sudah menderita asam urat yang tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang tidak digoreng dengan minyak sawit. Anda bisa mencoba menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola.

Mengonsumsi vitamin C mungkin dapat membantu Anda mengurangi penyakit asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi dapat mengurangi asam urat. Vitamin C dapat membantu mengurangi asam urat dalam tubuh melalui ginjal. Mengonsumsi suplemen vitamin C sebanyak 500-1500 mg/hari dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda harus berapa banyak Anda mengonsumsi suplemen vitamin C, tiap individu mungkin berbeda. Semoga bermanfaat.

 

Herburat Griya Herba

Herburat Griya Herba

Bila Anda ingin mencoba jalan obat herbal maka kami coba tawarkan solusinyia dengan kapsul herbal Herburat Griya Herba. Kapsul obat herbal Herburat Griya Herba ini terbuat dari ramuan alami sehingga aman dikonsumsi.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Waspada Dengan Asam Urat (Gout)

    Asam urat adalah penyakit artritis kronis, yang disebabkan penumpukan Kristal asam urat pada sendi yang ditandai deng...

  • Penyakit Asam Urat

    Penyakit asam urat sudah tidak terdengar asing lagi di masyarakat. Asam urat sendiri maksudnya adalah asam berbentuk ...

  • Asam Urat

    Asam Urat sekarang ini telah menjadi sebuah penyakit yang sering kali di alami oleh orang-orang yang berusia 30 tahun...

online istana solo