Penyakit Asam Urat

Hasil gambar untuk asam urat

Penyakit asam urat sudah tidak terdengar asing lagi di masyarakat. Asam urat sendiri maksudnya adalah asam berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin yang berbentuk necleoprotein, yakni salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Kini, asam urat tidak hanya menyerang orang yang lanjut usia, namun sudah menyerang pria dan wanita yang masih relatif usia muda. Setelah diteliti oleh para ahli, ternyata pola makan sangat berperan sebagai faktor penyebab munculnya penyakit asam urat. Maka, kenali makanan apa saja yang harus dihindari, dan makanan apa saja yang harus dihindari, agar kadar sam urat dalam tubuh tidak melampaui batas.

Kadar Asam Urat Normal Manusia

Kadar asam urat pada setiap orang berbeda-beda. Untuk kadar asam urat normal seorang pria berkisar antara 3,5-7 mg/dl, dan pada wanita 2,6-6 mg/dl. Sedangkan ekskresi netto asam urat total pada manusia normal rata-rata adalah 400-600 mg/24 jam. Apabila kadar asam urat melampaui standar normal, maka dapat dipastikan bahwa Anda menderita hiperurisemia. Hiperurisemia adalah sebutan untuk kadar asam urat di atas normal yang biasanya dapat menyebabkan komplikasi yang sangat berbahaya bagi tubuh, seperti rusaknya persendian akibat peradangan, kerusakan ligmen dan otot, resistensi insulin pada tubuh, sindrom metabolik dan diabetes millitus tepe dua.

Gambar terkait

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

  1. Asupan Purin yang Berlebih.

    Proses terjadinya penyakit ini disebabkan oleh konsumsi zat yang mengandung purin secara berlebihan. Zat purin yang berlebih masuk ke dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme, purin berubah menjadi asam urat. Hal ini yang mengakibatkan kristal asam urat menumpuk di persendian, sehingga sendi terasa nyeri, membengkak, meradang dan juga kaku.

  2. Faktor Genetik dan Hormonal.

    Sejauh ini, banyak yang menduga bahwa asam urat berkaitan dengan faktor genetik dan hormonal. Asam urat juga dapat ditemukan pada orang dengan faktor genetik yang kekurangan hipoxanthine guanine, phosphoribosyl, dantransferase Hal ini yang menyebabkan terjadinya ketidaknormalan metabolisme tubuh yang menyebabkan asam urat meningkat drastis.

  3. Adanya Penyakit Komplikasi.

    Penyebab lain dari asam urat adalah adanya kegagalan fungsi ginjal dalam mengeluarkan asam urat melalui air seni. Selain itu, penyakit yang memicu munculnyaasam urat adalah terganggunya fungsi organ tubuh, seperti gangguan fungsi hati, saluran kemih, diabetes, hipertensi, kanker darah dan hipotroid, penggunaan obat-obatan seperti TBC, INH, pirazinamidadan etambutol, serta obat dalam golongan diuretic.

Klasifikasi Penyakit Asam Urat

  1. Gout

Gout merupakan penyakit yang disebabkan oleh kalainan pada metabolisme yang dalam perkembangannya bermanifestasi terhadap peningkatan konsentrasi asam urat dalam serum, dan juga disebabkan oleh luka yang jatuh tetes demi tetea ke dalam sendi. Gout ada 2 macam yaitu gout primer dan gout sekunder. Gout primer disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan, sedangkan gout sekunder disebabkan oleh adanya komplikasi dengan penyakit lain, seperti hipertensi dan penyakit lainnya.

  1. Reumatik

Reumatik dibagi menjadi 2 macam, yaitu reumatik sendi dan reumatik jaringan lunak. Reumatik sendi adalah reumatik yang menyerang sendi, sedangkan reumatik jaringan lunak merupakan golongan penyakit yang mengenai jaringan lunak di luar sendi.

Gejala Penyakit Asam Urat

Dalam dunia kedokteran, gejala asam urat, di antaranya yaitu:

  1. Terjadi peradangan dan nyeri pada sendi secara maksimal selama sehari.
  2. Oligoarthtritis, yakni sejumlah sendiyang meradang.
  3. Hiperurisemiaatau kelebihan kadar asam urat dalam darah.
  4. Terdapat kristal asam urat yang khas di dalam cairan sendi.
  5. Serangan unilateraldi satu sisi pada sendi pertama, terutama pada sendi ibu jari.
  6. Adanya tofus deposit besar dan tidak teratur dari natrium yang dibuktikan dengan pemeriksaan kimiawi.
  7. Telah terjadi lebih dari satu serangan arthiritis
  8. Sendi terlihart kemerahan.
  9. Terjadi pembengkakan asimetris pada satu sendi.
  10. Serangan arthritisakut berganti secara menyeluruh menjadi arthritisngout kronis, sehingga tidak ada masa bebas serangan.

Gejala lain pada penderita asam urat adalah suhu badan menjadi demam, kepala terasa sangat sakit, nafsu makan berkurang, dan jantung berdebar tidak normal. Apabila udara dingin menyerang, gejala yang paling terasa adalah muncul rasa nyeri dan ngilu di persendian kaki, demam, sendi terasa kaku dan tidak dapat digerakkan.

Pencegahan dan Mengobati Asam Urat

Secara umum, pengobatan asam urat dapat dengan menggunakan oabt herbal dan modern. Bisa juga dengan diet purin dan menghentikan mengkonsumsi alkohol dan yang paling utama adalah menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Makanan yang banyak mengandung purin banyak terdapat pada hidangan laut, seperti kepiting dan udang, ayam dan telur, daging unggas, jeroan hewan dan protein hewani lainnya, serta gula jagung. Terdapat beberapa cara untuk penyembuhan penyakit asam urat, yaitu:

  1. menghindari makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat.
  2. Mengurangi aktifitas fisik yang berat.
  3. Istirahat yang cukup, dan tidak begadang.
  4. Menghindari stres dan segala macam emosi.
  5. Menggunakan air hangat untuk mandi.
  6. Minum air kelapa murni tanpa campuran dan air minimal 2 liter setiap hari.
  7. Melakukan bekam, untuk membantu membersihkan darah yang berada di dalan kulit paling luar.
  8. Terapi pijat Yumeiho, yakni terapi yang berguna untuk mengembalikan letak tulang belakang pada posisi yang sebenarnya, dengan pusat berada pada tulang pinggul.

Selain itu dapat juga melakukan cara alami lain untuk penyembuhan penyakit asam urat, yakni :

  • Perbanyak minum air putih.

    Dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari dapat membuat purin dari dalam tubuh ikut terbuang bersama air seni.

  • Perbanyak makanan bersifat basa.

    Makanan bersifat basa mengandung serat yang dapat menetralkan asam lambung yang akan membantu gindal dalam mengeluarkan asam urat.

  • Konsumsi buah cherry.

    Buah ini dapat membantu darah dan urin mengimbangi sifat keasaman karena buah cherry kaya akan nutrisi dan kalium yang dapat mengatasi rasa nyeri oleh asam urat.

  • Konsumsi jus lemon.

    Jus lemon merangsang tubuh untuk memproduksi kalium karbonat yang berfungsi untukmenetralkan asam urat.

  • Perbanyak minum vitamin C.

    Vitamin C berfungsi sebagai kekebalan tubuh agar tidak cepat sakit.

  • Konsumsi cuka madu atau propolis.

    Propolis juga mengandung basa yang berfungsi untuk menetralkan zat asam dalam tubuh.

Artikel Terkait

  • Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Penyakit asam urat adalah jenis penyakit artritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian sehingga te...

  • Waspada Dengan Asam Urat (Gout)

    Asam urat adalah penyakit artritis kronis, yang disebabkan penumpukan Kristal asam urat pada sendi yang ditandai deng...

  • Asam Urat

    Asam Urat sekarang ini telah menjadi sebuah penyakit yang sering kali di alami oleh orang-orang yang berusia 30 tahun...

online istana solo