Avokad Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Related image

Avokad, apokad, apuket, atau apokat adalah tanaman buah yang berasal dari Amerika Tengah ini tumbuh liar di hutan-hutan, dan banyak juga ditanam di kebun serta di pekarangan yang lapisan tanahnya gembur, subur, serta tidak tergenang air. Avokad atau alpukat ini mempunyai nama ilmiah Persea americana Mill

Dewasa ini, sebagian besar orang sudah mengetahui manfaat-manfaat dari avokad untuk kesehatan. Dahulu, orang-orang sering memanfaatkan buah avokad sebagai juice, campuran makanan atau minuman saja. Tahukah kalian bahwa tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, tetapi daun dan biji avokad juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Avokad

Tumbuhan avokad terutama daunnya memiliki rasa pahit dan kelat. Kulit rantingnya mengandung beberapa zat kimia, di antaranya minyak terbang, seperti methylchavikol, alphapine, tanin, dan flavonoid. Sedangkan, daging buahnya mengandung lemak jenuh, protein, sesqueterpenes, vitamin A, B1, dan B2.

Efek Farmatologis daun avokad adalah peluruh kencing (diuretik) dan astringen. Selain itu, daun dan kulit ranting memiliki efek farmakologis, seperti peluruh kentut (karminatif), Penyembuh batuk, pelancar menstruasi, emollient, dan antibakteri.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daging buah, daun, dan biji avokad dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti berikut :

  • Mengobati Darah Tinggi dan Sakit Kepala.

    Cuci bersih 3-5 helai daun avokad segar sampai bersih, seduh dengan 1 gelas air panas. Stelah dingin, minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.

  • Mengatasi Gigi Berlubang. 

    Ambil biji avokad secukupnya, bersihkan, lalu tumbuk sampai halus. Masukkan hasil tumbukan ke dalam gigi yang berlubang.

  • Mengobati Penyakit Kencing Batu. 

    Cuci bersih 7 helai daun avokad segar, seduh dengan setengah gelas air panas, lalu minum sekaligus. Lakukan secara rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore sampai batu penyumbat kencing keluar.

  • Mengatasi Kulit Wajah Kering. 

    Lumatkan daging buah avokad secukupnya sampai halus, oleskan merata pada wajah, lalu biarkan 3-5 menit sampai kering lalu bilas wajah dengan air hangat sampai bersih lalu olesi dengan es batu. Lakukan setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

  • Mengobati Kencing Manis (Diabetes M). 

    Panggang biji avokad di atas api, potong kecil-kecil, lalu rebus sampai mendidih dan warnanya berubah menjadi cokelat. Saring hasil rebusan lalu minum sekaligus. Lakukan secara rutin 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Nyeri Saraf dan Nyeri Lambung.

    Cuci bersih 3-6 lembar daun avokad lalu seduh atau rebus dengan segelas air sampai mendidih. Setelah dingin, minum air seduhan 1 kali sehari.

  • Mengobati Sariawan. Haluskan 1 butir daging avokad, campur dengan 2 sendok makan madu murni, aduk sampai rata, lalu makan sekaligus dan ulangi sampai sariawan sembuh.

Demikian ulasan tentang Avokad yang membahas kandungan kimia dan efek farmatologis, bagian tumbuhan yang digunakan dan pemanfaatanya. Semoga artikel di atas bermanfaat sebagai referensi kesehatan Anda.

Salam Sehat. 

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo