Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk bengkuang

Bengkoang termasuk ke dalam kelmpok tanaman polong – polongan. Bengkoag kaya akan kandungan airnya yang dapat menyuplai kebutuhan cairan tubuh. oleh karena itu bengkoang bagus untuk dionsmsi penderita diabetes dan program diet.

Bengkuang memiliki rasa segar dan manis. Rasa segar ditimbulan leh kandungan airnya yang banyak sedangkn rasa manis dihasilkan oleh oligokasarida atau inulin. Kandungan lain dalam bengkoang adalah thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, zat besi, magnesium, mangan, seng, phyto-nutrisi, kalium, kalsium, tembaga, karbohidrat, lemak, folat, niasin, protein, riboflavin, karoten, serta asam pantotenat. Bengkoang memiliki banyak sekali manfaat mengingat kandungan nutrisinya yang begitu kaya. Berikut beberapa manfat bengkoang yang perlu anda ketahui:

  1. Menurunkan demam

Sifat kimia yang terkandung dalam bengkoang memiliki efek mendingikan sehingga cocok untuk menurnkan demam. Cukup moinum jus bengkoang 2 kali sehari untuk menurunkan demam. Baik dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak – anak karena tidak memilki efek samping.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Bengkoang memilii khasiat menjaga kesehatan tubuh bagian luar seperti kulit. Orang zaman dahulu sering mengunakan masker atau lulur dari buah bengkoang dengan memarutnya terlebih dahulu hingga halus. Masker bengkoang sangat bagus untuk mendinginkan kulit dan mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada permukan kulit, mencegah penuaan dini dengan zat antioksidannya, serta membuat kulit tampak lebih putih.

  1. Menghilangkan noda dan kerutan di wajah

Mengonsumsi buah bengkoang dapat mengatasi masalah penuaan dini dan efek onopause seperti kerutan dan keriput pada kulit. Kandungan fitoestrogen dalam bengkoang sanggup mebuat kulit anda tetap sehat dan segar serta mencegah penuaan dini. Selain itu, anda juga dapat mengaplikasikannya sebagai masker untuk menghilangkan noda dan flek pada wajah. Caranya sangat mudah, kupas bengkoang lalu haluskan dengan cara diparut dan tempelkan pada wajah anda.

  1. Untuk program diet

Kandungan karbohidrat pada bengkoang memiliki komposisi serat yang jauh lebih banyak daripada gula sehingga baik untuk dikonsumsi saat diet. Serat pada bengkoang akanmembuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga anda tidak takut berat badan anda bertambah.

  1. Melancarkan pencernaan

Inulin dalam bengkoang berperan sebagai serat makanan yang membantu fungsi usus dan memperbaiki parameter dalam darah (menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol pada penderita hypercholerolemia). Inulin akan meningkatkan masa feses serta meningkatkan frekuensi defekasi terutama bagi penderita konstipasi.

  1. Mengobati sariawan

Bengkoang mengandung cukup banyak vitamin C dan antioksidan tingi sehinga baik untuk pengobatan terhadap sariawan. Selain itu, bengkoang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

  1. Mengatasi masalah asam lambung

Sakit maag yang disebabkan oleh produksi asam berlebihan pada lambung dapat dicegah dan diobati dengan mengonsumsi bengkoang. Sifat alkali pada bengkoang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengat cepat. Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan maag. Sebaiknya makan bengkoang tanpa campuran apapun seperti sambal dan garam.

  1. Menyehatkan tulang dan gigi

Bengkoang juga mengandung fosfor dan kalisium yang sangat baik untuk pertmbuhan tulang dan gigi. Anda akan merasa lemah dan lesu serta nafsu makan akan berkurang akibat kekurangan zat fosfor dan kalsium.

 

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana