Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Image result for bawang putih

Bawang putih termasuk keluarga umbi-umbian. Bawang putih kerap kita kenal sebagai bumbu masakan dan sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Allium sativum atau garlic (bahasa Inggris) atau bawang putih adalah sejenis tanaman dalam keluarga genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Manfaat bawang putih banyak yang kita dapat rasakan untuk kehidupan sehari-hari.

Bawang putih ini populer karena kemampuannya dalam mencegah kanker. Tapi sayang, terkadang aroma nya yang menyengat membuat tanaman tidak banyak dikonsumsi langsung, melainkan hanya sebagai bumbu, sehingga hanya dalam jumlah sedikit bawang putih kita konsumsi.

Hampir semua bahan-bahan alami mempunyai khasiat masing-masing dalam tubuh, begitu juga dengan bawang putih. Banyak masyarakat atau negara yang memanfaatkan bawang putih sebagai obat dan penyembuh penyakit. Banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dari bawang putih tidak terlepas dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Senyawa Bawang Putih

Senyawa yang terkandung dalam bawang putih ialah sulfur, Allicin, ditemukan di bawang putih, tanaman ini juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Beberapa klaim mengejutkan menyebutkan bahwa senyawa itulah yang dapat mencegah beberapa bentuk kanker.

Kandungan bawang putih setiap 100gr: 150 kalori, 33gr karbohidrat, 6,35gr protein. Selain itu, bawang putih juga diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih sangat dihargai karena sifat-sifatnya yang bermanfaat sampai dengan hari ini. Inilah manfaat-manfaat yang bisa Anda rasakan jika mengkonsumsi bawang putih.

  1. Mencegah Penyakit Kanker.

    Bawang putih dipercaya bisa mencegah penyakit kanker dan juga berpotensi terserang. Bawang putih mengandung bahan organosulfida yang bermanfaat untuk membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang mencegah kanker usus dan kanker perut berkurang. Potong tipis dan konsumsi atau potong tipis dan gunakan atau masukan kedalam makanan yang anda konsumsi agar bekerjanya lebih maksimal.

  2. Mengurangi Penyakit Reumatik.

    Bagi anda yang memiliki permasalahan reumatik, memang cukup sulit mencari obatnya. Terutama karena reumatik menyangkut mengenai sendi dan juga otot. Bawang putih bisa mengurangi sakit karena reumatik anda. cukup konsumsi secara rutin. karena bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang penting untuk syaraf, otot dan juga sendi.

  3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.

    Ini adalah manfaat bawang putih yang sudah teruji, telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% (Sumber : WebMD). Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.  Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

  4. Sebagai Antivirus/Anti Bakteri/Antioksidan yang Ampuh.

    Khasiat paling populer dari bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

  5. Memangkas Kolesterol Jahat (LDL).

    Salah satu kehebatan lain dari herbal/bumbu masakan paling terkenal di Indonesia ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat. Ia mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%. Jangan khawatir dengan HDL (kolesterol baik) anda, walaupun bawang putih ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL, sehingga anda akan tetap sehat.

  6. Dapat Memangkas Berat Badan.

    Berbagai riset telah menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat di bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .

  7. Mengobati Sakit Gigi.

    Bagi anda yang mengalami sakit gigi, terutama karena gigi yang bolong jangan khawatir. Berbagai bakteri bisa dihilangkan oleh bawang putih termasuk kuman dan bakteri pada gigi. Anda tinggal memotong kecil sekali bawang putih dan menyelipkannya pada gigi yang bolong. Sifat antibakteri bawang putih akan bekerja dan membunuh ulat kecil penyebab gigi sakit. Anda juga bisa berkumur dengan menggunakan air rebusan bawang putih. Cara ini sangat ampuh dan banyak digunakan masyarakat jaman dahulu di Indonesia.

  8. Mencegah dan Menyembuhkan Flu.

    Bawang putih mengandung bahan yang berguna sebagai antibakteri dan anti jamur dan anti virus. Dengan begitu bagi anda yang sedang terserang flu, bawang putih bisa menyembuhkannya dengan baik. konsumsi bawang putih secara rutin, maka anda akan segar kembali dan virus influenza akan menghilang.

  9. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer.

    Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.Suplemen bawang putih telah terbukti untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi. Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

  10. Melancarkan Pencernaan.

    Kandungan allicin pada bawang putih ternyata bisa meredakan perut yang menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan juga kembung. Selain itu, allicin pada bawang putih bisa merangsang dinding perut dan usus sehingga melancarkan pencernaan. Maka anda yang sulit buang air besar bisa memanfaatkan bawang putih sebagai bahan pelega perut. Konsumsi bawang putih dengan cara memasukan kedalam setiap makanan anda.

Ada beberapa efek samping yang ditimbulkan apabila penggunaan bawang putih berlebihan atau dengan dosis yang besar.

  • Jangan mengoleskan terlalu tebal bawang putih ke kulit karena akan berbekas seperti bekas terbakar.
  • Tidak aman dikonsumsi dalam jumlah yang besar saat hamil dan menyusui.
  • Jika anak-anak diberikan obat bawang putih dalam dosis yang besar akan menyebabkan bahaya yang fatal.
  • Bawang putih bisa meningkatkan pendarahan.
  • Bawang putih dapat menyebabkan iritasi saluran gastrointestinal (GI)jika tidak digunakan secara bijak.
  • Berhenti mengkonsumsi bawang putih sebelum melakukan operasi setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi karena sifat pendarahannya.

 

Habba Garlic

Habba Garlic Kharisma merupakan produk herbal terbaru yang menggantikan produk lama yaitu habbat garlic 99 cap onta merah yang terbuat dengan 2 herbal berkualitas yakni minyak habbatussauda dan minyak bawang putih yang telah disinergikan oleh ahli herbal.

Salam Sehat

 

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo