Inilah 7 Manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk bayam duri

Kalau bicara soal bayam mungkin banyak dari kita yang langsung teringat dengan makanan favorit tokoh kartun "Popeye" . Namun yang akan kita bahas kali ini bukan sayuran bayam kesukaan si popeye tersebut, namun bayam duri. Disebut bayam duri karena sekilas tanaman ini mirip dengan bayam sayur namun pohonya berduri. Bayam duri bernama ilmiah Amaranthus spinosus L. ini mempunyai manfaat yang bayak bagi kesehatan.  Oleh karena itu, lebih baik anda mengetahui apa itu bayam duri supaya anda tidak melakukan kesalahan pada tanaman yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bayam duri memiliki rasa manis, pahit, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bayam duri, di antaranya amarantin, rutin, kalium nitrat, kalium oksalat, tanin, piridoksin, garam-garam fosfat, zat besi, vitamin A, C, serta K. Efek farmakologis bayam duri, di antaranya masuk meridian jantung dan ginjal, penurun panas, peluruh kemih, menghilangkan racun, menghilangkan bengkak, menghentikan diare, serta membersihkan darah.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan bayam duri, baik segar maupun kering, dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  1. Mengobati Bisul.

    Cuci bersih daun bayam duri segar secukupnya lalu giling sampai halus. Campurkan madu secukupnya. Oleskan ke sekeliling bisul sampai rata lalu balut dengan perban atau kain. Ganti ramuan dan balut kembali 2 kali sehari.

  2. Mengobati Disentri.

    Cuci bersih 30gr akar bayam duri segar, tambahkan 15gr gula enau, dan 1 gelas air, lalu rebus sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum rebusan 1 kali sehari sebelum makan. Lakukan 3 hari.

  3. Mengatasi Keputihan.

    Cuci bersih 30-60gr akar bayam duri segar, Tambahkan 1 sendok makan gula batu, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, llau minum 2 kali sehari saat pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

  4. Menambah Produksi ASI.

    Cuci bersih 1 pohon bayam duri utuh sampai bersih, giling sampai halus. Tapalkan disekitar payudara secara merata. Ulangi 3-4 kali sehari sampai air susu lancar.

  5. Mengobati Radang Saluran Pernapasan.

    Cuci bersih seperempat genggam daun bayam duri, giling sampai halus,lalu tambahkan sedikit garam dan air matang sebanyak 3 sendok makan. Peras campuran bahan tersebut lalu saring. Minum air yang tersaring sekaligus. Ulangi secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.

  6. Mengobati TBC Kelenjar.

    Cuci bersih 30-60gr seluruh bagian tumbuhan bayam duri yang dipotong kecil-kecil, lalu rebus dengan air dan arak putih, masing-masing 1,5 gelas sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  7. Mengatasi Wasir.

    Cuci bersih segenggam daun bayam duri segar lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, gunakan untuk menguapi dan mencuci bagian yang terkena wasir.

Setelah kita tahu akan manfaat bayam duri untuk kesehatan,tak ada salahnya kalau mulai sekarang kita masukan bayam duri ke daftar apotik kidup di pekerangan rumah anda.

Salam Sehat

Artikel Terkait

  • Mengobati Keputihan Dengan Memanfaatkan Bayam Duri

    Khasiat dan manfaat bayam duri untuk Kesehatan terutama sebagai obat alami keputihan yang berlebihan bisa menggunakan...

  • Bayam Duri

    Bayam Duri Amaranthus Spinosus lebih dikenal dengan nama bayam duri adalah tanaman bercabang banyak dengan daun yang...

online istana solo