Belimbing Wuluh Si Asam yang Berkhasiat

Hasil gambar untuk belimbing wuluh

Buah yang satu ini mungkin sudah tak begitu asing lagi di telinga Anda mengingat buah belimbing jenis wuluh sendiri sangat cocok untuk di tanam pada jenis tanah apapun. Buah yang memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi L ini berbeda dari kebanyakan belimbing yang akan berbuah pada bagian ujungnya atau bekas bunga namun belimbing wuluh justru akan berbuah pada batang-batangnya, cukup unik bukan. Manfaat belimbing wuluh memang dikenal dengan rasanya yang asam namun menyegarkan sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti rujak. Belimbing wuluh bukan merupakan belimbing buah yang masih muda melainkan, belimbing wuluh termasuk jenis varietas berbeda dari buah belimbing. Maka dari itu, belimbing tidak besar seperti buah belimbing, besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Belimbing wuluh memiliki rasa asam dan bersifat sejuk. Pada bagian batang mengandung saponin, tanin, asam fosfat, glukosida, kalsium oksalat, sulfur, dan peroksida. Pada bagian daun mengandung tarlin, sulfur, asam format, peroksidase, kalsium oksalat, dan kalium sitrat. Efek farmakologis belimbing wuluh di antaranya menghilangkan sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, peluruh kencing, dan pelembut wajah.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakit adalah daun, bunga, dan buah. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan belimbing wuluh di antaranya sebagai berikut :

  • Mengobati Batuk pada Anak.

    Ambil 1 genggam buah belimbing wuluh, 5 butir buah adas, cuci, lalu campurkan menjadi satu. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir dan 1 cangkir air matang lalu tim. Setelah dingin, saring dengan sepotong kain untuk diminum 2 kali sehari pada pagi dan malam ketika perut kosong.

  • Mengobati Darah Tinggi.

    Cuci bersih 3 butir buah belimbing wuluh lalu potong menjadi beberapa bagian. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, lalu minum sekaligus setelah sarapan. Untuk pencegahan, minum 3 hari sekali dengan jumlah yang sama.

  • Mengatasi Jerawat.

    Cuci bersih 6-8 butir buah belimbing wuluh lalu tumbuk sampai halus. Campurkan setengah sendok teh garam, dan seperempat gelas air ke dalam hasil tumbuhan belimbing wuluh lalu aduk sampai rata. Oleskan pada wajah yang berjerawat 3 kali sehari.

  • Mengobati Penyakit Pegal Linu.

    Ambil daun belimbing wuluh muda sebanyak 1 genggam atau sekitar 25 helai, 10 butir biji cengkeh, dan 15 biji lada. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga menjadi bubur lalu oleskan ke tempat yang sakit.

  • Mengobati Rematik.

    Cuci bersih 1 ons daun muda, 10 butir biji cengkih, 15 butir merica, lalu giling sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga membentuk adonan lalu balurkan ke tempat yang sakit.

  • Mengobati Sakit Gigi Berlubang.

    Cuci 5 buah belimbing wuluh sampai bersih lalu makan dengan sedikit garam. Kunyah buahnya pada bagian gigi yang berlubang.

Beragam manfaat buah belimbing wuluh tentu masih sangat banyak peran dalam kesehatan, penelitian mengenai hal ini terus dikembangkan untuk membantu berbagai lapisan masyarakat. Meskipun bentuknya kecil, namun ada segudang manfaat yang diberikan buah belimbing wuluh bagi kita, mulai dari mengatasi masalah kesehatan yang cukup umum hingga paling berbahaya sekalipun. Jangan ragu untuk mengonsumsinya secara teratur meskipun dengan rasa yang sangat masam.

Salam Sehat.

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Artikel Terkait

  • Belimbing Wuluh

    BLIMBING WULUH Jangan bayangkan belimbing wuluh memiliki bentuk dan rasa seperti belimbing buah pada umumnya. Belimb...

  • Resep Memutihkan Kulit Dengan Belimbing Wuluh

    Wanita mana sih yang tak ingin punya kulit wajah yang putih dan bersih. Kulit yang bersih dan juga cerah tentu akan m...

online istana solo