Cegah Jerawat Dengan Beluntas

Anda tahu beluntas? Beluntas adalah tanaman jenis semak yang memiliki daun berbentuk bulat telur dengan pinggiran bergerigi. Batangnya memiliki banyak cabang, yang mana apabila kita memegangnya akan terasa sedikit berbulu. Selain itu, daun beluntas juga memiliki aroma yang sengir dan rasa yang getir. Tenaman ini dibudidayakan dengan cara stek.

Daun beluntas mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh. salah satuunya adalah mencegah timbulnya jerawat. Jerawat merupakan masalah bagi semua irang baik pria maupun wanita. Jerawat bisa timbul akibat pori-pori kulit yang tersumbat yang mengakibatkan nanah yang meradang. Ada 2 tipe jerawat yaitu jerawat biasa atau jerawat bisul dan jerawat batu.

Penyebab timbulnya jerawat bervariasi. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Produksi minyak berlebih

Jerawat memang sering dihubungkan dengan produksi minyak berlebih. Minyak pada wajah berguna menjaga kelembaban wajah dan menghindarkan dari kulit kelring. Namun fungsi minyak juga menyerap kotoran sehingga minyak berlebih membuat kotoran yang terserap menyumbat saluran folikel rambut dan pori-pori kulit yang kemudian juga akan berkolaborasi dengan bakteri. Sehingga menimbulkan jerawat.

  1. Sel-sel kulit mati

Sel kulit mati yang bercampur dengan debu dan kotoran,kemudian menumpuk dalam pori-pori dan membentuk sumbatan berwarna hitam atau putih.

  1. Bakteri

Bakteri juga merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Bakteri yang terserap oleh minyak, dapat berkembang biak dalam kelenjar sebaceous dan menimbulkan iritasi pada daerah di sekitarnya. Hal inilah yang dapat menimbulkan jerawat.

  1. Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang berbahan minyak atau penggunaan bedak yang dicampur foundation juga menimbulkan jerawat. Taburan kosmetik bisa diserap oleh pori –pori kulit sambil membawa bakteri. Minyak berlebih yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh tidak bisa keluar karena tertutup oleh kosmetik.  Bila tidak segera dibersihkan, jerawat akan cepat muncul. Sebaiknya anda rajin membersihkan sisa kosmetik setelah beraktivitas. Terutama sebelum tidur. Agar sisa kosmetik tidak mengendap dalam tubuh dan menimbulkan jerawat.

Ketika jerawat sudah muncul, anda akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Salah satunya dengan menggunakan obat kimia pabrik yang dijual di pasaran. Namun anda dapat mencegah timbulnya jerawat sebelum muncul dengan beluntas.

Zat flavonoid yang terkandung dalam beluntas bersifat anti bakteri yang berfungsi melawan bakteri penyebab bisul dan jerawat.

Cara pemakaiannya cukup sederhana. Anda disarankan untuk sering mengonsumsi daun ini sebagai teman makan. Misalnya untuk sayur, lalapan, sebagai bahan urap, atau dikreasikan dalam menu masakan lain. Mengonsumsi daun ini sebagai teman makan mungkin akan terasa sulit bagi sebagian orang terutama mereka yang tidak pernah makan sayur. Sebaiknya anda mulai berlatih membiasakan diri dengan rasa daun yang sedikit aneh bagi sebagian orang ini. Karena beluntas bermanfaat mencegah jerawat dan bagi kesehatan lainnya.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana