Khasiat Daun Beluntas

11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan

Banyak yang mengabaikan manfaat beluntas bagi kesehatan. Padahal tanaman yang satu ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Daun beluntas memiliki sejumlah efek farmakologis, yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti bau mulut, gejala reumatik, dan keputihan. Selain itu, daun beluntas juga sering digunakan untuk mengobati penyakti tuberculosis secara tradisional.

Beluntas merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh subur tanpa budidaya atau tanpa memerlukan perawatan khusus dan tahan hingga bertahun-tahun. Oleh karena itu, beluntas pada zaman dahulu sering dipakai sebagai pagar hidup untuk membatasi pekarangan. Anda dapat menanam beluntas dengan metode stek. Daun beluntas bisa dimanfaatkan sebagai sayuran. Namun karena rasanya yang sedikit getir dan aromanya yang terlalu khas, membuat beluntas kurang disukai masyarakat.

Ciri Daun Beluntas

Beluntas (plucea indica) tergolong dalam family compositae. Tanaman ini mudah dikenali karena teksturnya yang khas, aromanya yang sengir, dan rasanya yang getir., batangnya memiliki banyak cabang dengan daun yang rimbun. Warna daunnya hijau saat muda dan memudar saat tua. Daun ini memiliki tekstur kasar pada permukaan bawah, sedangkan bagian atasnya cenderung lebih halus. Daunnya memiliki ujung yang bergerigi dengan panjang 4-6 cm.

Kandungan Farmakologis

Dalam daun beluntas terkandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, dan asam amino, alkaloid, flavonoid, tannin, minyak astiri, kalsium, asam chlorogenik, natrium, magnesium, dan fosfor. Tanaman ini bersifat anti bakteri serta efek stomakik yang berguna untuk menambah nafsu makan. Beluntas berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit diantaranya darah tinggi, kolesterol, haid tidak lancar, demam, rematik, keputihan, serta menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Manfaat Daun Beluntas

Salah satu herbal asal Indonesia ini memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita yang belum banyak diketahui banyak orang. Daun herbal ini ternyata cukup mujarab. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui manfaatnya.

Menghilangkan Bau Badan

Daun beluntas biasa digunakan masyarakat Jawa untuk menghilangkan bau badan dikarenakan senyawa yang terkandung di dalamnya. Seperti halnya kemangi, aroma yang terdapat pada daun beluntas juga efektif menghilangkan beberapa jenis bau tidak sedap pada tubuh. Gunakan daun beluntas mentah sebagai lalapan untuk mengatasi bau badan. Atau dengan meminum air rebusan daun beluntas atau dengan menjadikannya sayur bening.

Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Bau mulut juga bisa berakibat fatalketika harus berhadapan dengan klien di kantor setiap hari. klien akan merasa terganggu dan tidak memperhatikan apa yang kita bicarakan karena bau dari mulut kita yang sangat mengganggu.

Bau mulut bisa disebabkan oleh pola makan yang salah. Sembarangan mengonsumsi makanan atau tidak gosok gigi setelah makan menjadi penyebab utama bau mulut. Anda dapat menggunakan air rebusan daun beluntas sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut secara alami.

Menghilangkan Pegal Linu

Pekerjaan sehari-hari yang terlalu banyak dan padat menyebabkan tubuh sering mengalami pegal linu yang sulit dihilangkan. Terlebih bagi para pekerja berat. Beberapa prosuk instan seperti saleb dan koyo. Terlalu sering menggunakan produk tersebut membuat tubuh kebal terhadap produk dan lama-lama khasiatnya kurang terasa atau bahkan tidak sama sekali. Pemakaian dalam jangka panjang bisa memperbesar pori-pori kulit. Cobalah mengonsumsi air rebusan beluntas secara teratur 3 kali sehari untuk meredakan pegal linu yang membandel.

Mengobati Rematik

Banyak orang yang pada masa tuanya mengalami rematik. Sering mandi terlalu larut malam bisa menjadi penyebab rematik karena tubuh tidak kuat dengan paparan hawa dingin air pada malam hari. untuk mencegah dan mengatasi rematik, anda disarankan mengonsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin. Selain itu, gaya hidup sehat dan olahraga teratur juga perlu anda terapkan. Bila terpaksa harus mandi pada malam hari, usahakan mandi dengan air yang tidak terlalu dingin.

Mengatasi Sakit Perut

Perut terasa melilit, kembung atau begah tentu membuat tubuh merasa tidak nyaman. Perut terasa penuh dan sulit untuk bergerak bebas. Untuk membebaskan diri dari rasa tidak nyaman akibat perut kembung, anda dapat mengonsumsi rutin rebusan daun beluntas.

Mengurangi Nyeri Haid

Banyak wanita mengeluhkan nyeri yang timbul saat datang bulan atau biasa disebut disminore. Tingkat nyeri berbeda-beda untuk setiap orang, ada yang hanya nyeri biasa, ada pula yang mengalami nyeri luar biasa hingga menyebabkan tidak sadarkan diri. Untuk mengatasi hal tersebut, minumlah air rebusan beluntas ketika datang bulan. Minumlah secara teratur setiap hari sampai rasa nyeri itu hilang. Sebagai tambahan, perbanyaklah mengonsumsi pisang. Kandungan potassium dalam pisang mampu meredakan nyeri saat haid.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana