Benalu, Manfaat dan Efek Sampingnya

Hasil gambar untuk benalu

Benalu dianggap tanaman yang merugikan karena bertahan hidup dengan menyerap makanan dan nutrisi pada pohon inangnya. Jika dibiarkan tumbuhan inangnya akan kekurangan nutrisi lama-lama akan layu, kering dan kemudian bisa mati.

Tanaman ini berkembang biak melalui biji buah yang dimakan oleh burung. Biji tersebut bersifat lengket dan menempel di pohon selanjutnya akan berkecambah dan tumbuh pada pohon tersebut. Benalu dianggap sebagai hama dan harus dibasmi karena kehadirannya dapat mematikan tanaman inangnya. Namun, tahukah anda bahwa benalu memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia?

Benalu pada umumnya memiliki senyawa yang dapat menghambat sel kanker. Daun dan batang benalu mengandung saponin, tannin, dan flavonoid. Sedang kandungan zat lainnya dipengaruhi oleh tumbuhan inangnya. Contohnya benalu jeruk nipis yang mengandung banyak antioksidan karena jeruk nipis mengandung antioksidan. 

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Daun Benalu

Menurut Richter dalam Phytochemistry No. 31 (1992), benalu Loranthaceae dan Viscaceae mengandung banyak flavonoid, seperti chalcones, flavanones, c-glycoflavonols dan flavan-3-ols. Flavonoid sendiri berfungsi sebagai pelindung si benalu dari kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh sinar ultraviolet dan bertanggung jawab pada warna bunga, buah, dan daun.

Dalam ilmu farmasi, flavaoid dikenal sebagai senyawa antiradang, antioksidan, pereda sakit (analgesik), antivirus, anti-HIV, mencegah keracunan hati, antikelebihan lemak, merangsang kekebalan tubuh, sebagai vasodilator (memperlancar aliran darah), mencegah penggumpalan darah, antialergi, dan antikanker.

Keberadaan flavanoid itu didukung oleh zat-zat lain yang juga terdapat pada benalu, seperti proline, hydroproline, myo-inositol, dan chiroinosotils. Sementara benalu famili Loranthaceae diyakini banyak mengandung tanin. Senyawa ini terdapat pada tanaman benalu, berkat hasil kerja sama asam gallic dengan catechin, yang menyebabkan padatnya kadar tanin pada daun dan tangkai batang. Dalam ilmu farmasi, tanin kerap digunakan sebagai obat diare, penawar racun, antivirus, antikanker, dan anti-HIV.

Dampak Mengkonsumsi Benalu Secara Berlebihan

Meskipun telah kita ketahui segudang manfaat yang ditawarkan dari mengkonsumsi Benalu, akan tetapi perlu anda tahu bahwa mengkonsumsi Benalu dalam jumlah yang berlebihan akan membawa berbagai macam efek samping yang justru dapat merugikan kesehatan kita. Jadi, mengkonsumsi Benalu dalam jumlah yang sewajarnya adalah sangat disarankan oleh para ahli gizi.

 

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

 

Karyawan baru Istana