MANFAAT BERAS BAGI KESEHATAN

 beras

Beras sudah banyak dikenal di Indonesia. Bahkan beras telah dijadikan makanan pokok oleh sebagian penduduk Indonesia. Namun tahukah kita bahwa dengan mengonsumsi beras begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan tersebut:

  • Sumber Energi Untuk Berbagai Aktivitas

Beras memiliki sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Di samping itu, nutrisi yang terkandung di dalam beras akan mengoptimalkan seluruh kerja organ tubuh termasuk organ otak anda.

  • Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Beras merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan non-kolestrol. Jadi, beras tidak mengndung lemak jahat atau kolestrol jahat yang dapat membahayakan organ jantung seseorang.

  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga sangat membahayakan keselamatan jiwa seseorang. Beras memiliki kandungan sodium dalam jumlah rendah. Kandungan sodium yang terlau tinggi dapat menyebabkan arteri atau pembuluh darah menyempit, meningkatkan stres serta tekanan darah tinggi.

  • Efektif Mencegah Kanker

Beras yang dikonsumsi setiap hari ternyata mampu menangkal sejmlah kanker seperti kanker kolorektal maupun kanker usus. Ini dikarenakan kandungan serat, vitamin C, vitamin A, fenolik, serta flavonoid yang terdapat pada beras.

  • Mencegah Sejumlah Peradangan Pada Kulit

Senyawa fenolik yang terkandung dalam beras bisa menangkal sejumlah peradangan pada kulit serta menunda munculnya keriput.

  • Penangkal Demensia Dan Penyakit Alzheimer

Beras merah memiliki berbagai nutrisi yang berperan menangkal sejumlah radikal bebas yang membahayakan organ otak anda. Berbagai radikal bebas itulah yang menjadi penyebab dimensia atau alzheimer.

  • Menyehatkan Organ Pencernaan Anda

Beras dapat membantu meningkatkan kesehatan organ pencernaan dan menghindarkan dari berbagai masalah pada organ pencernaan. Ini dikarenakan beras memiliki sejumlah serat yang berfungsi membantu proses pencernaan makanan

Yang perlu diperhatikan adalah tetap menjaga asupan makanan yang terbuat dari beras karena beras merupakan sumber kalori yang sangat tinggi. Mengonsumsi olahan beras secara berlebihan tanpa diimbangi dengan olahraga dapat menyebabkan diabetes.

Karyawan baru Istana