Manfaat Biji Kelabat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Hasil gambar untuk Biji Klabet

Mungkin tanaman bernama kelabat tidak cukup dikenal. Kelabat, atau disebut fenugreek, merupakan herbal tertua yang ditemukan di dunia dan sering digunakan sebagai bumbu masakan oleh masyarakat di Timur Tengah.

Secara empiris, kelabat memiliki khasiat yang beragam untuk kesehatan maupun kecantikan. Meskipun seluruh komponen tanaman ini bisa dimanfaatkan, namun yang sering digunakan adalah bagian bijinya.

Biji kelabat mengandung banyak zat yang baik bagi kesehatan. Secara tradisional maupun berdasarkan penelitian, biji kelabat banyak digunakan untuk mengatasi diabetes melitus tipe II, radang sendi, hingga konstipasi.Selain itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa biji klabet juga bermanfaat sebagai stimulator kuat bagi produksi ASI.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, biji kelabat memiliki khasiat luar biasa untuk kecantikan, dari melembabkan kulit, mengencangkan payudara hingga sebagai pengganti hormon alami bagi wanita menopose.

Berikut ini, berbagai manfaat tanaman kelabat untuk kecantikan:

Sebagai Pelembab Kulit Alami

Sebagai pelembab kulit, biji kelabat memiliki kemampuan melembabkan kulit yang baik. Kandungan galaktomanan memiliki fungsi yang mirip gliserin, yang bersifat humektan, yaitu menarik kadar air dari permukaan hingga ke dalam lapisan kulit sehingga kulit dipertahankan kelembabannya. Akibat hidrasi kulit yang baik, maka kekenyalan kulit pun terjaga.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa krim pelembab yang mengandung campuran ekstrak etanol biji kelabat dan malam lebah, ternyata lebih melembabkan dibandingkan krim gliserin.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Keberadaan kolagen sangat penting bagi kulit. Kandungan estrogen dalam biji kelabat mampu merangsang pembentukan kolagen (karena salah satu fungsi dari estrogen adalah membentuk kolagen). Kolagen adalah protein alami yang membentuk inti dari jaringan tubuh yang berfungsi seperti lem yang memegang sel-sel, jaringan dan organ bersama-sama. Kolagen juga berfungsi menjaga tingkat kekenyalan, kelembaban, dan pembaruan sel kulit. Serta membantu mencegah keriput akibat bertambah usia.

Mengencangkan Payudara

Tingkat kekencangan payudara dipengaruhi oleh kuatnya kolagen di jaringan sekitar payudara. Fitoestrogen dari tanaman kelabat membantu memproduksi kolagen. Selain itu, galaktomanan dalam tanaman kelabat juga berfungsi untuk mengenyalkan kulit sekitar payudara.

Mengatasi Kegemukan

Selain dapat mengencangkan payudara, biji kelabat juga dapat menurunkan berat badan. Biji kelabat kaya polisakarida yang dikenal sebagai galaktomanan. Komponen ini juga telah diekstrak untuk membuat suplemen makanan. Kelabat memberi perasaan kenyang, yang membantu dalam penurunan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa biji kelabat yang digunakan untuk studi ini memiliki lebih dari 75 persen serat larut yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Tips Menggunakan biji Kelabat Untuk Kecantikan

Biji kelabat dapat digunakan sebagai masker atau scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Untuk membuat masker, gunakan bubuk biji kelabat lalu dicampur dengan air hangat. Diamkan selama 10-15 menit, baik pada wajah dan ke seluruh tubuh. Untuk mengencangkan payudara, masker biji kelabat ini dapat dibalurkan pada payudara yang kendur, setelah itu bilas dengan air yang bersuhu ruangan.

Untuk menurunkan berat badan, biji kelabat dapat dikonsumsi. Caranya, seduh 10 gram serbuk biji kelabat, lalu meminumnya beserta ampasnya setiap pagi hari saat perut masih kosong. Biji kelabat memiliki efek laksatif ringan sehingga mampu membersihkan usus dan membantu mengurangi berat badan.

Efek Samping Biji Kelabat

Meskipun sangat bermanfaat, tanaman kelabat ini juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai ketika dikonsumsi. Dalam dosis tertentu kelabat dapat menimbulkan diare, mengantuk, hingga perasaan malas. Selain itu, bila mengonsumsi obat penurun kadar gula lain harap berhati-hati karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara drastis.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo