Berbagai Manfaat Tanaman BInahong

Gambar terkait

Tanaman yang memiliki nama latin anredera cordifolia ini berasal dari Amerika Selatan, Cina dan Korea. Tumbuhan yang tumbuh di daaran tingi dan renda ini banyak ditanam dalam pot sebagai tanaman hias, juga bisa langsung di pekarangan rumah sebagai apotik hidup. Pada umumnya tanaman binahong dikembangbiakkan secara vegetative melalui akar rimpangnya. Namun bisa juga dikembang biakan secara generative melalui biji.

Binahong tumbuh menjalar dan memiliki umur panjang (perential) dan bisa mencapai panjang 5 meter, berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna mera, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun.  Daunnya tunggal, bertangkai pendek, berselang-seling, berwarna hijau, panjang 5-10 cm dan lebar 3-7 cm. Daunnya dapat dimakan. Bunga binahong maemuk, berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna cream keputih-putihan, berjumlah 5 helai, berbau harum.

Binahong mempunyai banyak sekali manfaat dan bisa digunakan untuk berbagai macam penyakit. Kapsul dari ekstrak binahong biasa digunakan untuk pengobatan pasca bedah atau operasi.

Untuk pemakaian luar, daun dan atang tumbuhan binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bisa digunakan untuk menyembuhkan memar karena terpukul, terkena luka bakar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan perawata kulit.

Bunga tanaman binahong mampu menyuburkan kandungan. Caranya satu tangkai segar bunga direbus dengan air satu gelas menjadi seperempat atau setengah gelas. Lalu diminum airnya. Usahakan saat memetik, bunganya jangan sampai rontok.

Untuk pemakaian dalam, beberapa lembar daun binahong dapat dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya. Lebih mudah dibuat jus atau diblender, atau bisa juga langsung dikunyah hingga halus. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengobati asma (sesak nafas), radang paru, liver, jantung, gatal, alergi, dan luka setelah operasi.

Tanaman in dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan berbagai macam penyakit. Pengobatan dengan tanaman binahong harus telaten dan sabar. Jangan lupa untuk banyak berdoa agar cepat sembuh dari penyakit.

 

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
Karyawan baru Istana