Baca : Manfaat Si Super Food Brokoli Untuk Kesehatan

Image result for brokoli

Brokoli dikenal sebagai super food alias makanan super. Istilah super food ini merujuk pada makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat brokoli untuk kesehatan memang sangat banyak dan sudah diketahui masyarakat umum. Karena itu, sayuran yang bentuknya mirip kembang kol ini dikenal sebagai super food.

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis. Brokoli berasal dari Italia dan dikenal sejak abad ke-enam. Hingga saat ini, brokoli terkenal sebagai sumber makanan yang paling sehat karena mengandung berbagai macam nutrisi termasuk kandungan sumber yang hanya dapat diperoleh dari tumbuhan yaitu fitonutrien yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Biasanya, brokoli dikonsumsi dengan cara dimasak sebagai tumis. Namun, untuk mendapatkan khasiat yang lebih sehat orang-orang memasaknya hanya dengan dikukus saja dan dijadikan sebagai lalapan. Bahkan, sekarang ini cukup populer jus brokoli.

Kandungan Nutrisi Dalam Brokoli

Brokoli kaya akan berbagai nutrisi terutama vitamin dan mineral. Setiap 156 gram brokoli atau setiap satu gelas sajian brokoli dapat memenuhi berbagai kebutuhan jenis nutrisi, di antaranya:

  • Vitamin.

    Memenuhi kecukupan vitamin C dan K secara keseluruhan (100%),  kebutuhan folat sekitar 42%, vitamin B5, A, B2, B6, E dan kolin sekitar 13-19%, serta vitamin B1 dan B3 sekitar 5-8% dari kebutuhan harian.

  • Mineral.

    Kebutuhan chromium sekitar 53%, fosfor dan mangan sekitar 15%, potassium dan tembaga sekitar 11 -13%, serta magnesium, zinc, zat besi, kalsium dan selenium sekitar 5-8% kebutuhan harian.

  • Makro-nutrien.

    Memenuhi kebutuhan serat sekitar 21%, protein sebanyak 7% dan omega-3 sebanyak 8% dari kebutuhan harian.

Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi lainnya dalam jumlah kandungan dan kebutuhan yang bervariasi seperti sulfur, beta-karoten, anti-oksidan, serta berbagai fito-nutrien. Beberapa penelitian menemukan brokoli mengandung senyawa anti kanker dan dapat mencegah asma serta gangguan pernapasan lainnya.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

  1. Mencegah Kanker.

    Para ilmuan menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yang disebut-sebut sebagai manfaat brokoli yang paling besar.

  2. Mencegah Penyakit Jantung.

    Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

  3. Mencegah Penyakit Kardiovaskular.

    Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

  4. Mengontrol Tekanan Darah.

    Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

  5. Membantu Program Diet.

    Sayuran yang kaya akan serat seperti brokoli sangat mendukung program diet penurunan berat badan anda. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung vitamin serta mineral, dan rendah kalori juga lemak.

  6. Menjaga Ketajaman Penglihatan.

    Kandungan lutein dan vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.

  7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi.

    Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.

  8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

    Brokoli merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dimana keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, bakteri dan virus. Brokoli juga mengandung fitonutrien dan fitokimia, termasuk sulforaphane, yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap flu.

  9. Menjaga Kadar Gula Darah.

    Jika Anda adalah orang dengan kadar gula darah tinggi, maka brokoli adalah sayuran yang wajib dikonsumsi. Karena brokoli mampu mengatur kadar gula darah tetap rendah.

  10. Menurunkan Kolesterol.

    Seperti sayuran lainnya, brokoli juga dibekali kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet.

Hati-Hati!!

Pada umumnya, brokoli memiliki kandungan yang aman dikonsumsi bagi sebagian besar namun dapat menyebabkan gangguan pada seseorang kondisi tertentu. Konsumsi brokoli berlebih dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti alergi yang terjadi pada individu dengan kelenjar tiroid yang sensitif. Beberapa pengobatan untuk mengencerkan darah pada penderita stroke juga dapat bereaksi dengan konsumsi brokoli sehingga pengobatan dapat menjadi kurang efektif.

Cara Menjaga Kandungan Nutrisi Brokoli

Cara penyajian akan mempengaruhi asupan nutrisi dari brokoli, terutama jika seseorang ingin mendapatkan efek untuk mengobati kanker, kandungan brokoli harus dijaga sebaik mungkin. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kandungan nutrisi brokoli:

  • Bersihkan dan celupkan bagian atas brokoli dalam air garam selama 30 menit dan cuci kembali menggunakan air dingin untuk memastikan brokoli terbebas dari pestisida.
  • Memakan brokoli dengan nutrisi paling baik dalam keadaan mentah atau disajikan dalam bentuk hidangan salad.
  • Hindari memasak brokoli terlalu dalam waktu yang terlalu lama. Batas waktu untuk merebus yang dibutuhkan sekitar 20 menit, menggunakan oven microwave sekitar 3 menit, sedangkan memasak brokoli dengan cara menumis paling lama sekitar 5 menit.
  • Memasak brokoli dengan cara direbus dan menggunakan oven dengan suhu tinggi akan menimbulkan kerusakan kandungan nutrisi brokoli.
  • Konsumsilah brokoli selagi segar, penyimpanan di kulkas akan menjaga kesegaran brokoli.

Demikianlah ulasan singkat tentang Manfaat Si Super Food Brokoli Untuk Kesehatan. Manfaat brokoli untuk kesehatan banyak sekali, mungkin lain waktu saya akan melanjutkan ulasan manfaat brokoli lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan seputar kesehatan Anda. Terimakasih.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo