Brotowali- Si Pahit Yang Berkhasiat

Hasil gambar untuk brotowali

Brotowali termasuk dalam jenis tanaman perdu yang menjalar, melilit serta memanjat. Tanaman ini tumbuh secara liar baik di ladang, di hutan bahkan sampai di pekarangan rumah. Brotowali adalah salah satu dari sekian banyak tanaman obat yang berasal dari Indonesia. Batang brotowali biasa direbus dan air rebusannya dijadikan obat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Meski rasanya sangat pahit tetapi khasiat brotowali bisa berbuah manis bagi kesehatan tubuh Anda.

Tanaman brotowali (Tinospora crispa) merupakan famili tanaman obat di Indonesia dengan ciri khas rasa sangat pahit. Air rebusan batang brotowali kerap dijadikan obat nyeri rematik, menurunkan kadar glukosa darah, menurunkan panas demam, dan membatu meringankan gejala diabetes.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Brotowali memilki rasa yang pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam brotowali, di antaranya alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, zat pahit pikroretin, palmatin, kolumbin (akar), dan kokulin (pikrotoksin). Efek farmakologis brotowali, di antaranya menghilangkan sakit, penurun panas, dan melancarkan meridian.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Batang terutama kulit batang, dan daun dapat dimnfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengatasi Demam.

    Cuci bersih batang brotowali sebesar 2 jari (10cm) lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, tambah 1 sendok makan madu, Lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  2. Mengatasi Demam karena Penyakit Kuning.

    Cuci bersih 1 jari batang brotowali lalu potong-potong menjadi beberapa bagian. Rebus potongan brotowali dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Campur madu secukupnya llau minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  3. Mengatasi Gatal pada Badan.

    Cuci bersih 20 cm batang brotowali lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, dan menjadi hangat-hangat kukuh, gunakan air rebusan ini untuk mandi.

  4. Mengobati Kencing Manis (Diabetes).

    Cuci dan potong-potong 10 helai daun sambiloto, 10 helai daun kumis kucing, dan 6 cm batang brotowali. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas setelah makan.

  5. Mengobati Penyakit Kudis.

    Cuci batang brotowali sebesar 3 jari, belerng sebesar biji kemiri, lalu tumbuk halus. Remas hasil tumbukan dengan minyak kelapa secukupnya lalu oleskan 2 kali sehari pada kulit yang terserang kudis.

  6. Mengobati Luka.

    Tumbuk daun brotowali secukupnya lalu tempelkan pada bagian luka. Selain itu, rebus 10 cm batang brotowali dengan 1 liter air sampai mendidih. Gunakan air rebusan saat hangat untuk mencuci luka setiap mengganti tumbukan daun brotowali. Ganti tumbukan 2 kali sehari.

  7. Mengobati Rematik.

    Cuci dan potong 1 ibu jari batang brotowali menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah tersisa 1,5 gelas, dinginkan lalu saring. Tambahkan 1 sendok madu ke dalam air saringan lalu minum 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Itulah khasiat tanaman brotowali untuk kesehatan yang disertai cara pengolahannya untuk mengobati berbagai penyakit yang telah disebutkan diatas, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo