Menjaga Kesehatan Mata Dengan Manfaat Buah Merah

Gambar terkait

Sewaktu masih kecil seringkali orangtua menasehati kita untuk banyak mengkonsumsi wortel seperti kelinci agar mata kita terhindar dari rabun senja dan memakai kacamata. Untuk kenyataannya nasehat mereka terbukti, karena wortel memang kaya zat Karotenoid yang terbukti sangat baik untuk menyehatkan mata.

Karotenoid adalah suatu pigmen (zat warna pada kulit) alami yang lebih dari 600 pigmen (kuning, oranye, merah) mempunyai sifat yang larut dalam lemak atau pelarut organik tetapi tidak larut dalam air. Karotenoid biasanya bisa ditemukan pada cangkang luar hewan air tawar maupun laut seperti udang-udangan, kerang, ikan laut atau bisa juga disintesiskan dari tanaman alga maupun bakteri yang berfotosintetik. Zat-zat yang senyawa dengan Alfa karotenBeta karoten, hingga Likopen merupakan sejenis Karotenoid yang paling banyak dijumpai pada menu makanan sehari-hari seperti buah dan sayuran.

Jenis Karotenoid yang paling berhubungan erat dengan kesehatan mata adalah Beta Karoten (Pro-vitamin A), Lutein dan Zeasanthin. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata kering, katarak, hingga rabun senja yang dapat menyebabkan kebutaan. Sedangkan lutein dan zeasanthin merupakan suatu zat yang membantu memperlambat berkembangnya regenerasi katarak.

Para ahli gizi menganjurkan kebutuhan asupan manusia akan vitamin A sehari sekitar 750 mikrogram retinol equivalen, setara dengan 4500 mikrogram beta karoten atau 9.000 orang mengkonsumsi vitamin A yang terkandung dalam buah dan sayuran.

Baca : Artikel Buah Merah lainnya

Buah Merah Untuk Kesehatan Mata

Buah Merah merupakan sejenis buah tradisional dari daerah Papua, masyarakat Wamena biasa menyebutnya Kuansu atau Tawi. Buah merah juga memiliki nama latin yaitu Pandanus Conoideus Lam, karena buah ini termasuk tanaman pandan – pandanan memiliki tinggi hingga 16 meter. Buahnya sendiri berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah, panjang buah sekitar 55 cm, berdiameter kurang lebih 10 – 15 cm, dan berbobot sekitar 2 kg jika sudah masak, buah ini berwarna merah marun terang.

Secara turun-temurun masyarakat di Wamena Papua, buah merah biasa digunakan dalam upacara adat bakar batu, namun banyak juga yang menggunakan buah merah sebagai obat-obatan tradisional untuk mengobati penyakit mata, cacingan, penyakit kulit, dan sebagainya.

Zat Karotenoid merupakan zat yang paling dominan pada buah merah, kandungan karotenoid berkisar antara 4.000-12.000 ppm (karotenoid) dan 60-700 ppm (beta karoten). Tingginya variasi kandungan dikarenakan perbedaan umur panen, lokasi tumbuh dan varietas.

Untuk memudahkan perbandingan dengan sayuran dan buah yang lain seperti wortel dan pepaya yang paling dikenal sebagai penghasil beta karoten, anggap saja diambil kadar buah merah rata-ratanya menjadi karotenoid 8000 ppm dan beta karoten 380 ppm, sedangkan wortel hanya memiliki kadar beta karotensebanyak 120 ppm. Dan pepaya hanya memiliki 8 ppm. Bisa dilihat bahwa buah merah merupakan tanaman sumber terbaik beta karoten dibanding dengan sayur dan buah lain.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A per hari dibutuhkan sekitar 4.500 mikrogram, jika diasumsikan dalam bentuk makanan menjadi setara dengan 80 gram wortel namun kebutuhan tersebut dapat ditutupi dengan mengkonsumsi 1 sendok makan minyak buah merah.

Walaupun potensi buah merah dalam mengobati penyakit mata belum digali lebih dalam, secara tradisional khasiat buah merah dalam pengobatan penyakit mata telah dibuktikan oleh warga lokal Papua, untuk penderita mata minus (miopia) dan silinder (astigmatis), mereka mengkonsumsi minyak buah merah dengan dosis 2 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan. Alhasil penglihatan mereka menjadi lebih jernih hanya dalam kurun waktu 2 bulan saja.

Dari pembuktian oleh warga lokal tersebut, tidak ada salahnya perlu dilakukan pembuktian-pembuktian secara empiris, dengan cara dilakukannya penelitian dan studi klinis lebih lanjut. Seperti halnya mencari khasiat lain dari buah merah, serta kandungan lain yang terkandung dalam buah yang dipercaya kaya akan manfaat ini.

Ternyata buah yang berasal dari daerah paling timur dari Indonesia ini memang tidak usah diragukan lagi manfaatnya. Buah merah mempunyai manfaat yang banyak untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dari yang ringan sampai yang berat, salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan mata kita.

 

Kapsul Buah Merah

Manfaat Kapsul Buah Merah:

  • Membantu mengobati AIDS
  • Mengobati kanker dan tumor
  • Menurunkan tekanan darah dan mengobati stroke
  • Menurunkan asam urat
  • Mengobati Diabetes Mellitus
  • Mengobati Osteoporosis
  • Mengobati Gangguan Mata
  • Meningkatkan gairah dan kesuburan

 

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Buah Merah

    BUAH MERAH Popularitas Buah Merah (Pandanus conoideus Lam) mulai menanjak sekitar awal tahun 2000an ketika diperkena...

online istana solo