Buah Naga Merah Untuk Mendeteksi Formalin

Hasil gambar untuk buah naga merah

Buah naga kaya akan nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun tahukan anda bahwa ternyata buah naga juga bisa mendeteksi boraks dan formalin? Lalu, bagaimana bisa buah naga mendeteksi keberadaan zat tersebut?

Formalin dan boraks merupakan zat berbahaya yang ada di dalam makanan yang kita konsumsi. Efek samping dari penggunaan bahan ini untuk mengawetkan makanan adalah diare, muntah – muntah bahkan dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh yang merupakan efek jangka panjang. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apakah makanan yang anda konsumsi mengandung boraks dan formalin atau tidak. Kulit buah naga merah dapat dengan mudah mendeteksi kandungan tersebut tanpa perlu dicampur dengan bahan kimia lainnya.  Cara sederhana yang bisa anda lakukan di rumah adalah dengna menggunakan buah naga.

Pertama –tama siapkan kulit buah naga merah yang telah dipotong – potong. Daging buah naga merah bisa anda makan. Atau ikut dipotong dan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering bersama kulitnya.setelah ekstrak tersebut kering, siapkan makanan yang akan diuji kandungan formalinnya. Rendam makanan tersebut dengan air yang dicampur kulit atau ekstrak buah naga. Diamkan selama sekitar 10 menit sampai warna tisu terlihat semakin merah.

Pada tahu yang mengandung formalin, tisu pada rendaman akan berwarna merah dan tidak pudar. Sedangkan yang tidak berformalin akan tetap berwarna putih. Pada bakso yang mengandung boraks akan terlihat warna ungu pudar, sedangkan yang tidak mengandung boraks akan berwarna merah muda sama seperti warna asli buah naga. Sedangkan pada teh yang mengan dung boraks akan terlihat warna cokelat.

Demikian artikel yang kami buat untuk manfaat buah naga. Semoga bermanfaat.

 

Karyawan baru Istana