Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

manfaat buah naga merahBuah naga pertama kali ditemukan di Amerika Tengah, kota Meksiko. Saat ini buah naga merah telah banyak dibudidayakan diberbagai negara seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, Okinawa, Tiongkok Selatan, Australia, dan Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat buah naga merah, maka buah ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Kandungan di dalamnya terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh selain terdapat banyak kandungan vitamin lain di dalamnya. Manfaat dalam kandungan buah naga sangat baik bagi pemenuhan keterbutuhan vitamin dan mineral pada tubuh manusia.


Sebelum membahas manfaat buah naga ini, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi buah naga, gizi yang terdapat pada buah naga sangat luar biasa dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Nutrisi dalam buah naga sangatlah banyak. Mulai dari vitamin, protein, serat, dan mineral. Secara sederhana dalam 100 gram buah naga, terkandung gizi dengan rincian sebagai berikut:

  • Air sebanyak 87 gram
  • Thiamine atau Vitamin B1 sebanyak 0,04 miligram
  • Riboflavin atau Vitamin B12 sebanyak 0,05 miligram
  • Niasin atau Vitamin B3 sebanyak 0,16 miligram
  • Asam askorbat atau Vitamin C sebanyak 9,4 miligram
  • Protein sebanyak 1,1 gram
  • Serat sebanyak 0,71 gram
  • Kalsium sebanyak 134,5 miligram
  • Karbohidrat sebanyak 11,5 gram
  • Fosfor sebanyak 87 miligram
  • Zat besi sebanyak 0,65 miligram

Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut adalah beberapa manfaat buah ini untuk tubuh kita.

Mencegah kanker

    Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia saat ini. Kenyataan bahwa penyakit kanker belum ada cara penyembuhannya, membuat banyak orang sangat berhati-hati dan menjaga kesehatannya untuk tidak terkena kanker. Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya. Senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Selain itu buah naga juga mengefektifkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk juga racun-racun yang memicu kanker.

    Menyehatkan usus

      Saat mengonsumsi banyak makanan, kerja usus pun akan semakin berat. Untuk meringankan kerja usus, dibutuhkan bantuan serat. Serat yang tinggi bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah naga. Oleh karena itu, buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

      Mengobati batuk dan asma

        Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.

        Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

        Mencegah Diabetes Mellitus

          Diabetes Melitus (DM) juga merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini, karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, buah naga dapat mencegah penyakit ini menjangkiti manusia. Buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat yang dilakukan manusia. Sehingga penyakit DM pun dapat dicegah.

          Menurunkan kadar kolesterol

            Kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sangat disarankan bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mengonsumsi buah ini. Seperti kita ketahui bahwa kolesterol sangat berbahaya apabila dibirkan tinggi, penyakit-penyakit serius yang timbulkannya antara lain penyakit jantung koroner dan stroke.

            Menurunkan berat badan

            Buah naga merupakan buah yang tinggi protein, namun rendah lemak dan karbohidrat. Sehingga buah naga menjadi buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada buah naga pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan.

            Menurunkan tekanan darah

              Buah naga merah dengan kandungan vitamin B3-nya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Dokter pun menganjurkan untuk banyak mengonsumsi buah ini bagi penderita penyakit tersebut.

              Untuk kesehatan tulang

                Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian.

                Membantu Kerja Syaraf

                  Fosfor dan kalsium pada buah naga berfungsi untuk membantu kerja syaraf. Khususnya pada sistem syaraf, dimana konsumsi buah naga dapat membuat fosfor dan kalsium sebagai transimi syaraf.

                  Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk menjaga kesehatam dan membantu kerja syaraf.

                  Mengurangi Kram pada Tubuh

                    Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan zat-zat mineral berikut ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kram pada tubuh anda. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga jika anda sering mengalami kram kram.

                    Penambah nafsu makan

                      Anak-anak yang sulit makan, sering menjadi pikiran orang tua. Berikan buah naga pada anak-anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Buah naga mampu memberikan asupan vitamin B2 dan B1 yang akan merangsang anak-anak untuk makan lebih banyak.

                       

                       

                      Salam Sehat

                       

                      Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

                      Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

                      Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

                      • Istana Herbal Solo. 

                        Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

                      • Istana Herbal Yogyakarta. 

                        Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

                      • Istana Herbal Malang. 

                        Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

                      • Istana Herbal Jakarta. 

                        Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

                       

                      Pelayanan Kami :
                      Kami akan selalu siap melayani Anda
                      Email : istana.herbal.it@gmailcom
                      Order respon cepat whatsApp : 081393930088
                      Telp : (0271) 7451424
                      Karyawan baru Istana