Apa Efek Samping Jika Ibu Hamil Mengkonsumsi Nanas?

Image result for nanas

Nanas merupakan buah yang kaya serat, vitamin C dan zat mangan yang merupakan mineral penting yang baik bagi kesehatan tulang, otot dan saraf tubuh. Namun, meski termasuk makanan alami, ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi buah tropis yang satu ini.

Pro dan kontra pun hadir mengenai hal ini. Ada yang mengatakan bahwa nanas dapat memberi efek negatif pada kehamilan dan sebaliknya. Kehamilan tidak luput dari berbagai mitos yang berkembang di masyarakat, bahkan ketika anda mengidam makanan tertentu, justru dilarang karena dikhawatirkan berpotensi menggangu perkembangan janin.

Bahkan diantara Anda sering mendengar, bahwa mengkonsumsi nanas akan mengakibatkan keputihan dan berakibat fatal bila dikonsumsi pada usia kehamilan yang masih muda seperti mengakibatkan keguguran dan masalah perkembangan janin. Benarkah pernyataan tersebut? Mari baca ulasan di bawah ini.

Penjelasan Tentang Nanas

Buah nanas yang dikenal dengan istilah ilmiah nanas cosmosus berasal dari brazil meskipun demikian buah ini tumbuh subur di indonesi yang memiliki iklim tropis. Kandungan buah nanas terdiri dari vitamin A dan juga vitamin C sebagai kandungan antioksidan selain itu kandungan magnesium, zat besi, natrium, sukrosa, fosfor, kalsium, dekstrosa dan juga enzim bromelain yang berkhasiat dalam mencerna makanan di lambung dan juga menghambat sel kanker.

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan bantuan dari kandungan serat yang terdapat di buah nanas akan membantu dalam mempermudah buang air besar dan juga sembelit. Lantas apakah manfaat yang terdapat di dalam buah nanas akan optimal pada ibu hamil? Ibu hamil mengalami beberapa perubahan hormon dan juga fisik, selain mempertimbangkan kondisi kesehatan ibu hamil, konsumsi makanan juga sangat mempertimbangkan pengaruhnya dalam perkembangan janin.

Efek Samping Bila Ibu Hamil Mengkonsumsi Nanas

  1. Kontraksi Sebelum Waktunya.

    Pada umumnya bagi anda yang sedang memasuki kehamilan di trimester pertama sangat rentan terhadap beberapa masalah kehamilan apalagi bila anda memiliki rahim yang tidak kuat. Pada bulan pertama sering kali anda dilarang mengkonsumsi nanas atau minum jus nanas. Nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan ini akan menggangu kehamilan anda. Beberapa orang memilih untuk tidak mengkonsumsi nanas meskipun demikian bagi anda yang menginginkan mengkonsumsi nanas, anda dapat mengkonsumsinya setelah melaluitrimester pertama dengan jumlah yang terbatas dan pilihlah nanas yang benar benar telah matang.

  2. Mengalami Keguguran.

    Kandungan bromelain di dalam nanas yang dikhawatirkan akan menggangu kondisi kehamilan anda, apalagi bila anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Hindari mengkonsumsi nanas yang masih muda dengan kulit berwarna hijau, meskipun demikian bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi nanas, konsumsi nanas dengan jumlah yang terbatas dan juga pilih buah nanas yang matang.

  3. Masalah Kesehatan Kehamilan.

    Rasa asam yang terdapat di dalam buah nanas dapat mengakibatkan gangguan pada lambung apalagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag. Meskipun buah nanas dapat dikonsumsi oleh ibu hamil akan tetapi bagi ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya dihindari sama sekali karena akan mengangu kesehatan anda dan janin. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa buah nanas yang kaya dengan kandungan vitamin C dan nutrisi boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil dengan jumlah dan pilihan buah nanas yang telah  matang. Tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi buah nanas meskipun dalam jumlah sedikit bagi anda yang memiliki masalah dengan maag dan gastritis sebaiknya menghindari terlebih dahulu.Konsultasikan selalu kesehatan anda dengan dokter atau bidan, begitu juga dengan makanan yang terbaik untuk kehamilan anda, mengingat setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.

  4. Berdampak Buruk Pada Kulit Bayi.

    Menurut penelitian, mengonsumsi hidangan dari nanas yang panas, diduga bisa berdampak buruk pada kulit bayi atau reaksi alergi. Nanas yang dihidangkan dalam suhu panas bisa mengeluarkan racun yang bisa memicu dua hal tersebut.

  5. Menyebabkan Masalah Pencernaan.

    Makan buah nanas bisa menghasilan efek samping masalah pencernaan seperti diare dan mulas. Wanita hamil yang sering mengalami mulas, maka makan nanas bisa berbahaya. Meskipun nanas banyak mengandung vitamin C dan mengandung enzim pencernaan yang diperlukan tubuh, namun pada saat hamil sebaiknya membicarakannya dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah ini.

Catatan:

Memang, banyak juga wanita hamil yang tetap sehat dan bebas masalah walaupun memakan buah nanas selama masa kehamilannya. Beberapa ginekolog juga mengatakan bahwa nanas bisa bermanfaat untuk ibu hamil pada saat menjelang kelahiran, karena bisa membantu untuk menginduksi tenaga atau kontraksi.

Namun apapun yang Anda dengar tentang efek samping atau manfaat buah nanas bagi wanita hamil, hal yang terbaik adalah meminta pendapat dokter kandungan jika ingin memakan buah ini demi kebaikan serta keselamatan Anda dan kehamilan Anda.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo