Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Hasil gambar untuk bunga matahari

Bunga matahari memiliki nama latin healanthus annuus linn.  Bunga yang masuk dalm keluarga compositae ini sering dijadikan tanamn hias. Selain itu bunga matahari juga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Beberapa penakit yang dapat diatasi antara lain sakit kepala, sakit gigi, gangguan menstruasi, rematik, nyeri lambung, radang payudara, sulit melahirkan, disentri, campak, infeksi saluran kencing, brokhitis, batuk, keputihan, serta malaria.

Kandungan kimia yang terdapt pada bunga tanaman ini antara lain ouercimeterin, heliathoside (A,B, C), pleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung beta-sitoserol, prostaglandin E, chlorogenic, guinic acid, phytin, 3-4 benzopyrene.

Berikut contoh pemanfaatan bunga matahari sebagai obat tradisional:

  1. Mengobati Sakit Kepala

Ambil 30 gram bunga matahari yang telah direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan setelah dingin sebanyak 2 kali sehari setelah makan.

  1. Mengobati Rematik

Untuk mengobati rematik, rebuslah 1 tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.

  1. Mengobati Disentri

Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin tambahkan gula batu secukupnya kemudian diminum.

  1. Melancarkan Buang Air

Bagi anda yang mengalami kesulitan ketika buang air besar atau kecil, cobalah merebus akar bunga matahari yang masih segar dan telah dicuci bersih terlebih dahulu sebanyak 15-30 gram. Kemudian minum airnya.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Cuci bersih 30 gram bunga matahari yang masih segar lalu rebus dengan air sampai mendidih. Minum saat masih hangat-hangat kuku.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana