5 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk bunga mawar

Mawar yang memiliki nama latin Rosa chinensis Jacq. adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga dengan warna-warni yang indah. Di Indonesia sendiri bunga mawar digunakan untuk berbagai keperluan dari mulai bunga hias, bunga meja atau bunga tabur. tahukah kalian bahwa dibalik keindahan warnanya ternyata bunga mawar memiliki manfaat bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Bagi dunia kecantikan, bunga mawar sering dijadikan bahan untuk perawatan wajah, kulit dan rambut. Sedangkan dalam dunia kesehatan mari Kita lihat apa saja manfaatnya. 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan mawar memiliki rasa manis dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bungan mawar di antaranya sitral, sitronelol, geraniol, linalol, nerol, eugenol, feniletil alkohol, famesol, nonil-aldehida. Efek farmakologis bunga mawar, di antaranya melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, antiradang, menghilangkan bengkak, dan menetralisir racun.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga dan akar dalam kondisi kering serta daun dalam kondisi segar dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti berikut :

  • Mengobati Batuk darah.

    Seduh 10gr bunga mawar kering dengan 1 cangkir air panas. Tambahkan gula batu secukunya, aduk rata, lalu tutup cangkirnya. Setelah 30 menit, minum air seduhannya 2 kali sehari dengan dosis dan cara yang sama.

  • Mengobati Sakit Campak.

    Cuci bersih 15 kuntum bunga mawar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

  • Mengatasi Haid Tidak Teratur.

    Seduh 20gr bunga mawar segar dengan 1 gelas air panas untuk diminum 2 kali sehari.

  • Mengatasi Keputihan.

    Rebus 9-15gr akar bunga mawar kering dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air sarringannya sekaligus setengah gelas sehari.

  • Mengobati Masalah Penurunan Bagian Uterus stelah Melahirkan (prolapsus uteri).

    Lumatkan 30gr bunga mawar kering. Tambahkan gula batu secukupnya dan 1 cangkir arak merah, lalu tim. Minum hasil tim 1 kali sehari.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan dari bunga mawar dan bagi penderita fungsi pencernaan lemah sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan ramuan ini.

Salam Sehat

online istana solo