Bungur Kecil - Tanaman yang Berkhasiat Besar

Gambar terkait

Bungur kecil atau Lagerstroemia indica L memiliki bunga yang indah. Biasanya tanaman ini diletakkan di halaman rumah sebagai tanaman hias. Tanaman bungur kecil ini merupakan tanaman perdu atau tanaman pohon kecil. Bungur kecil dapat ditemukan sebagai tumbuhan liar di tebing-tebing dan tepi hutan. Tanaman ini berasal dari Cina dan Korea. Bunga, akar, daun, dan kulit kayunya yang dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman ini memiliki rasa agak pahit dan bersifat netral.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung pada daun bungur kecil, di antaranya decinine, decamine, lagerine, largerstoemine, dihydroverticillatine, dan decodine. Selain itu, pada akar terkandung ositosterol-3 dan 3,4-trimethylellagic acid. Efek farmakologis bungur kecil di antaranya merngsang sirkulasi darah, menghentikan pendarahan, antiradang, meluruhkan kemih, pengelat, dan menetralkan racun. Selain itu bunga, kulit kayu, dan kayu bersifat pencahar atau purgatif.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga, akar, daun, dan kulit kayu dpat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa macam penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Batuk Darah (hemoptysis), Muntah Darah (hematemesis), dan Buang Air Besar Berdarah.

    Cuci bersih 30gr akar bungur kecil lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing seperempat gelas.

  2. Mengobati Bisul (furunculus) dan Koreng.

    Cuci bersih 30gr akar bungur kecil lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat 1 gelas sehari.

  3. Mengobati Biduran (urtikaria).

    Cuci 30gr akar bungur kecil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 1 gelas sehari.

  4. Mengobati Campak.

    Cuci bersih 30gr akar bungur kecil lalu rebus dengan 2 gelaas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusnnya, llau minum 1 gelas sehari.

  5. Mengobati Disentri.

    Cuci bersih 15gr daun bungur kecil sampai bersih llau rebus dengan 2 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, lalu minum saat hangat 1 gelas sehari.

  6. Mengatasi Eksim.

    Cuci bersih akar atau daun bungur kecil secukupnya lalu rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Gunakan air rebusan untuk mencuci bagian yang terkena eksim.

  7. Mengobati Radang Payudara.

    Cuci bersih daun bungur kecil secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

  8. Mengobati Sakit Kuning.

    Cuci bersih 15gr akar bungurkecil dan 15gr daun bungur kecil lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Kontra indikasi : wanita hamil dilarang minum rebusan bungur kecil.

Salam Sehat

online istana solo