Tak Hanya Buahnya, Daun Cabai Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Gambar terkaitCabai (capsicum annum) termasuk dalam anggota genus capsicum.cabai dapt digolongkan sebagai sayuran atau juga bumbu masak tergantung bagaimana kita menggunakanya. Cabai merupakan tanaman sumber utama rasa pedas. Cabai sangat popular di kawasan Asia Tenggara. Cabai bahkan menjad bahan makanan utama dalam masakan Padang.

Cabai termasuk dalm komoditas yang banyak dibub=didayakan para petani karena nilai jualnya yang tinggi. Selain itu, cabai juga dijadikan salah satu bumbu utama dalam masakan. Wajar saja jika para petani membudidayakannya dan menjadikan cabai sebagai tambahn penghasilan.

Kandungan Nutrisi

Selama ini kita sering mengonsumsi cabai tetapi tidak menyadari bahwa cabai memiliki kandungan senyawa gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. beberapa kandungan tersebut antara lain kapsakin, flavonoid, minyak esensial, kapsikol, dan kapsisidin.

Dalam 100 gram cabai mengandung gizi berupa serat 0,3 gram, kalori 31 kal, protein 1 gram, fosfor 24 miligram, zat besi 0,5 miligram, vitamin B1 0,05 miligram, vitamin B2 0.03 miligram, vitamin C 18.0 miligram, kalsium 29 mligram, karbohidrat 7.3 gram, niasin 0.2 miligram,serta kalium.

Selain buahnya, daun cabai juga memberikan banyak manfaat seperti:

Mengobati jerawat

Jerawat merupakan ganguan kulit terutama pada wajah disebabkan oleh beberapa factor seperti kelebihan minyak pada kulit wajah. Mnerapkan masker dari daun cabai yang telah ditumbuk halus dipercaya mampu mengurangi gangguan tersebut. Terapkan pada bagian wajah terutama bagian yang berjerawat. Hindari daerah sensitive seperti mulut dan mata. Lakukan selama krang lebih 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Mengobati bisul

Bisul adalah gangguan pada kulit berupa benjolan yang terjadi akibat infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. biasanya diakibatkan oleh sel darah putih yang mati saat melawan virus dan bakteri dalam tubuh. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menerapkan daun cabai yang telah dilayukan dengan minyak sayur pada daerah yang terkena bisul.

Mengobati Masuk Angin

Masuk angin diakibatkan oleh kumpulan gas ang tidak merata dalam tubuh. Tubuh terasa tidak nyaman bila angin tidak segera dikeluarkan. Banyak sekali cara ang bisa diterapkan untuk mengobati penyakit ini. Salahsatunya dengan menempelkan gilingan daun cabai yang telah dicuci bersih dengan kapur sirih untuk dibalurkan di daerah perut.

Meredakan Demam

Seringkali kita merasa kebingungan jika salah seorang anggota keluarga kita mengalami demam. Biasanya kita akan mengompres dengan air dingin atau menggunakan obat-obatan penurun demam seperti paracetamol. Tapi tahukah anda kalau daun cabai juga bisa dimanfatkan untuk menurunkan demam? Selain murah, daun cabai juga aman diterapkan. Caranya degan menumbuk daun cabai dengan minyak selada dan diterapkan pada ubun-ubun atau dibalurkan ke seluruh tubuh.

Menghilangkan Rambut Ketiak

Tumbuhnya bulu di daerah ketiak bagi beberapa orang terutama wanita dianggap sebagai sebuah gangguan tersendiri bagi penampilan. Biasanya mereka tidak percaya diri dengan tumbuhnya bulu ketiak tersebut dan melakukan banyak cara untuk menghilangkannya. Untuk embantu menanggulanginya kita bisa mencoba mengunakan daun cabai. Caranya adalah dengan mencukur bulu ketiak terlebih dahulu. Setelah itu lakukanlah pemijatan rngan dengan media daun cabai beberapa saat. Metode ini menimbulkan efek panas di daerah ketiak. Cara ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bulu ketiak selanjutnya. Namun jika terjadi iritasi, segera hentikan kegiatan tersebut.

Bahan Lulur

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, kit adapt memanfaatkan daun cabai sebagai bahan pembuatan lulur alami dengan harga terjangkau. Caranya dengan meremas-remas beberapa lembar daun cabai lalu menggosok-gosokannya pada kaki, tangan, atau daerah tubuh yang anda inginkan. Diamkan selama beberapa sat lalu bilas engan air hangat atau mandi seperti biasa.

Bahan Masker

Masalah kerutan, kantung mata, dan flek hitam yang terlihat pada wajah kita sangat mengangu penampilan. Hal itu akan menimbulkan kesan lebih tua pada kita. Untuk mengatasi hal tersebut, terapkan masker alami yang berasal dari daun cabai. Ambil beberapa lembar daun cabai lalu cuci hingga bersih. Haluskan daun tersebut dengan car digiling atau ditumbuk. Campurkan dengan air beras dan kencur. Gunakan sebagai masker secara rutin pada malam hari. dalam waktu 1, 5 bulan anda akan melihat hasil yang mengembirakan.

Obat Biduran

Menerapkan tumbukan daun cabai yang telah dicampur dengan garam dapat memberikan sensasi hangat sehingga mampu mengurangi rasa gatal akibat biduran.

Sebagai Obat Kumur

Untuk menjaga keseatan mulut, daun cabai dapat kita jadikan sebagai alternatif pengganti produk-produk obat kumur yang banyak dijual di pasaran. Tumbuk beberapa lembar daun cabai lalu diseduh dengan air hangat. Setelah itu gunakan sebagai obat kumur.

Mengobati Kejang Perut

Cara mengatasi kejang perut secara alami dan tanpa mengeluarkan biaya adalah dengan meggunakan obat erbal yang terbuat dari tumbukan beberapa lembar daun cabai yang telah diseduh dengan air hangat atau panas. Lalu minum ramuan tersebut.

Menghilangkan Rasa Gatal dan Gigitan Serangga

Sensasi hangat yang diberikan daun cabai ternyata juga bisa menyembuhkan rasa gatal akibat gigitan serangga. Caranya adalah dengan mengoles atau menggosokkan tumbukan daun cabai pada daerah yang terasa gatal akibat gigitan serangga.

Meringankan Gangguan Pencernaan

Khasiat lain dari daun cabai yang bisa kita ambil aldalah sbagai salah satu obat herbal untuk meringankan gangguan pencernaan. Caranya adalah dengan mengonsumsi ramuan dari hasil tumbukan dau cabai yang telah diseduh dengan air hangat dan disaring.

Itulah manfaat daun cabai bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Karyawan baru Istana