Singkap Manfaat Cabe Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Related image

Cabe jawa memiliki nama latin Piper retrofractum Vahl dan termasuk keluarga Piperaceae. Cabe jawa biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias, karena bentuk buahnya yang cukup unik. Bentuk yang menyerupai cabai rawit namun jarang digunakan sebagai bumbu masakan. Khasiat cabe jawa memang sudah umum diketahui semua kalangan masyarakat khususnya daerah pedesaan. Tumbuhan cabe jawa adalah sejenis tumbuhan rempah yang masih satu kerabat dengan lada. Cabe jawa sering digunakan dalam campuran pembuatan jamu sehingga tidak heran jika untuk sekarang rempah satu ini dibudidayakan untuk tanaman obat tradisional. Mari simak manfaat apa saja yang didapatkan dari cabe jawa ini.

Kandunagn Kimia dan Efek Farmakologis

Buahnya memiliki rasa pedas dan panas, sedangkan akarnya memiliki rasa pedas serta bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bagian buahnya, di antaranya zat pedas piperine, palmitic acid, tetrahydropiperic acid, l-undecylenyl-3, 4-methyllenedioxy benzene, piperidine, minyak asiri, N-isobutyl-decatrans-2-trans-4-dienamide, dan sesamin. Pada akar terdapat piperine, piplartine, dan piperlonguminirne. Efek farmakologis cabe jawa, di antaranya menghilangkan dingin dan menghilangkan sakit.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah dan akar caabe jawa dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  1. Mengatasi Badan Terasa Lemas (neurasthenia).

    Cuci bersih 6 butir cabe jawa, 3 batang rimpang alang-alang, tiga perempat jari rimpang lempuyang, 15 helai daun sambiloto, dan 3 jari gula enau. Potong-potong semua bahan tersebut menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tersisa duaperempat gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu bagi menjadi 3 bagian yang sama. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

  2. Mengobati Gangguan Pencernaan, Batuk, bronkitis, dan Ayan.

    Cuci bersih 6gr buah mentah cabe jawa yang dikeringkan lalu tumbuk sampai halus. Minum bersma 1 sendok makan madu. Lakukan 1 kali sehari dengan dosis yang sama. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengopbati penyakit demam sehabis melahirkan, penguat lambung, gangguan paru, jantung, tekanan darah rendah, dan hidung berlendir.

  3. Mengobati Masuk Angin.

    Cuci bersih 3 butir cabe jawa, 6 helai daun poko (menthaavensis javanica Bl.), 1 helai daun kesumba. Keling (Bixa orellana L.) yang berukuran seddang, dan 3 jari enau. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa duaperempat gelas. Setelah dingin, saring, lalu bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

  4. Obat Kuat, Membersihkan Rahim, dan Sehabis Melahirkan.

    Cuci bersih 3 gr akar cabe jawa kering, tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum air seduhan sekaligus 1 cangkir sehari.

  5. Obat Kumur.

    Cuci bersih 3 lembar daun cabe jawa, tumbuk halus, lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Gunakan seduhan untuk berkumur selagi hangat selama 2 menit.

  6. Obat Kejang Perut.

    Cuci bersih 3 lembur daun cabe jawa, tumbuk halus, lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Minum sekaligus sat hangat 1 gelas sehari saat perut kejang.

Kontra indikasi : wanita hamil dan penderita panas dalam, dilarang minum ramuan ini.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo