Tanaman Cakar Ayam Bermanfaat Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk tanaman cakar ayam

Tanaman cakar ayam memiliki nama latin Selaginella doederleinii hieron dan termasuk dalam famili selaginellaceae. Tanaman ini biasanya tumbuhdi tepi-tepi jurang atau di tempat-tempat teduh berhawa dingin. Daun tersusun di kiri kanan batang induk sampai kepercabangannya, yang menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya. Tidak banyak yang tahu tanaman yang satu ini bisa digunakan sebagai tanaman obat.

Khasiat cakar ayam mungkin masih tidak umu bagi sebagian kalangan masyarakat. Jika dipelajari lebih lanjut, tanaman cakar ayam ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, Kami akan memberi informasi yang terkait dengan kandungan kimia, efek farmakologis dan manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina disebutkan tumbuhan cakar ayam memiliki rasa manis dan bersifat hangat. Bahan kimia dalam cakar ayam belum banyak diketahui, tetapai beberapa efek farmakologis cakar ayam yang sudah diketahui di antaranya antipiretik, antitoksin, antikanker, menghentikan pendarahan, dan pembersih darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan, baik kondisi kering maupun segar, dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa beberapa penyakit berikut ini :

  1. Mengobati Hepatitis, Perut Busung (ascites), Pengecilan hati (sirosis), dan Infeksi Akut Saluran Kencing.

    Cuci bersih 15-30gr seluruh bagian tumbuhan kering cakar ayam. Rebus di atas api kecil bersama 5 gelas air selama 3-4 jam sampai mendidih, lalu saring. Minum air rebusan untuk 3-5 kali sehari sampai habis.

  2. Mengobati Infeksi Saluran Napas Akibat batuk, Radang Paru, Radang Amandel (tonsilitis), Serak, dan Bronkitis.

    Cuci bersih 30gr seluruh bagian tumbuhan cakar ayam di atas api kecil bersama 5 gelas air selama 4 jam lalu dinginkan. Saring air rebusannya llau minum air rebusannya beberapa kali sampai habis. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

  3. Mengobati Kanker (Kanker Rahim, Kanker Nasopharynx, Kanker Paru).

    Cuci bersih 60gr seluruh bagian tumbuhan cakar, ayam, rebus di atas api kecil bersama 5 gelas air selama 3-4 jam. Setelah dingin, saring, lalu minum beberapa kali sampai habis. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

  4. Mengobati Tulang Patah atau Retak, dan Rematik.

    Cuci bersih 15-30gr seluruh bagian tumbuhan cakar ayam, rebus di atas api kecil bersama 5 gelas air selama 3-4 jam lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu minum air rebusan beberapa kali sampai habis.

Untuk obat luar, lumatkan seluruh bagian tumbuhan cakar ayam secukupnya, lalu tempelkan ke tempat yang patah. Obat luar ini dilakukan jika patahnya tertutup dan posisi tulang baik.

 Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

online istana solo