Cara Benar Mengatasi Keseleo atau Terkilir

Keseleo biasanya terjadi saat anda tiba-tiba mengubah arah gerakan atau menurunkan kecepatan, biasanya saat berolahraga. Bisa juga saat jatuh, bertabrakan dengan sesuatu, atau mendarat dengan posisi yang tidak tepat setelah melompat.

Pada kondisi tersebut, ligament dipaksa terentang mealmpaui kemampuannya sehingga menyebabkan ligament robek atau terpelintir. Kerusakan ligamen inilah yang menyebabkan seseorang keseleo. Ligament adalah jaringan serat yang fleksibel dan kuat yang menghubungkan antar tulang pada sendi. Ketika ligament mengalami trauma atau cedera sehingga robek atau teregang terlalu jauh, maka sendi akan menjadi sakit dan membengkak. terkilir yang paling sering terjadi adalah keseleo pergelangan kaki, diikuti oleh keseleo pergelangan tangan dan ibu jari. Tanda keseleo dan memar (tegang) sangatlah mirip. Biasanya orang akan menangani keseleo dengan penanganan sendiri di rumah. Yaitu:

  1. Istirahatkan daerah yang terkilir atau keseleo. Jangan menggerak-gerakannya atau menekan sendi yang keseleo apalagi memaksa untuk berjalan atau member beban. Jadi jangan dipijat.
  2. Kompres dengan es selama 15 menit setiap jam pada area sendi yang terkilir. Jangan pernah menaruh es langsung pada kulit karena dapat merusak kulit. Gunakan handuk untuk melapisinya.
  3. Untuk membatasi pergerakan yang bisa memperparah kondisi cedera dan mencegah bengkak yang meluas, beri pelindung dengan perban elastis pada sekitar sendi dan pergelangan. Balutan harus tertutup rapat, namun tidak boleh terlalu kencang agar tidak mengganggu aliran darah. Lepaskan sebelum anda tidur. Lama proses ini tergantung pada berat ringannyakeseleo yang dialami.
  4. Letakkan anggota badan yang cedera pada posisi yang lebih tinggi. Misalnya ketika keseleo pergelangan kaki maka ketika berbaring, ganjal kaki sedemikian rupa sehingga lebih tinggi dari dada.

Untuk meredakan rasa sakit akibat keseleo, anda dapat mengoleskan obat anti nyeri pada area yang cedera. Menurut berbagai penelitian, obat pereda nyeri oles lebih efektif untuk meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan disbanding tidak menggunakan apapun. Anda bisa juga menggunakan obat minum untuk pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen.

Di samping itu, agar keseleo tidak mendatangkan rasa nyeri, hindarkan area yang cedera dari paparan hawa panas. Tidak dianjurkan menjalani pijat karena berisiko memperparah cedera, serta hindari konsumsi minuman keras karena memperlambat proses penyembuhan.

Temui dokter bila perawatan mandiri tidak bekerja atau tidak membaik selama 3 hari. apabila anda mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan, terjadi kebas dan tidak dapat merasa apapun, segera ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Karyawan baru Istana