6 Manfaat Tanaman Ceguk Untuk Kesehatan

Gambar terkait

Ceguk merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit cacingan dan gangguan kesehatan lainnya. Ceguk biasanya tumbuh liar di hutan atau diladang, tetapi sebagian orang menanamnya sebagai bunga hias. Nama ilmiah tanaman ini adalah Quisqualis indica dan tergolong keluarga Combretaceae. Daun ceguk memiliki rasa manis, bersifat hangat.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan ceguk memiliki rasa manis, bersifat hangat, dan beracun (toksis). beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buah ceguk, di antaranya potassium quisqualata, lemak jenuh trigonclline, dan puridine. Kulit buah dan daun terdapat potassium quisqualata. Bunga mengandung cyanidine monoglycoside. Sementara itu, daun dan tangkainya mengandung tanin, saponin, kalsium oksalat, lemak poroksida, dan protein. Efek farmakologis ceguk, di antaranya sebagai obat cacing, membantu pencernaan, dan memperkuat limpa.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian biji, buah masak yang dikeringkan, akar, dan daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut :

  1. Ascariasis (Cacing Gelang).

    Tumbuk 3-5 butir biji ceguk lalu berikan pada anak-anak untuk dimakan. Untuk orang dewasa, rebus 2 jari akar ceguk dengan 2 cangkir air. Setelah tersisa 1 cangkir, tambahkan gula jawa secukupnya lalu minum pagi hari sebelum makan.

  2. Ankylostomiasis (Penyakit Karena Cacing Tambang).

    Cuci bersih 50gr butir biji ceguk sampai bersih lalu digiling halus. Seduh dengan setengah cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum saat hangat di malam hari sebelum tidur.

  3. Ozyuriasis (Cacing Kremi).

    Sangrai biji ceguk sampai matang, lalu makan dengan cara dikunyah. Lakukan setengah jam sebelum makan. Untuk anak kecil, sangrai biji ceguk sebanyak 3-15 butir/hari, sedangkan untuk dewasa 15-30 butir/hari. Dosis tersebut dimakan 3 kali sehari. Lakukan selama 15 hari.

  4. Mengobati Penyakit Jamur di Kulit.

    Giling 3-9 butir buah ceguk sampai halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Balurkan di bagian yang terkena jamur secara rutin.

  5. Mengobati Sakit Kepala.

    Lumatkan daun ceguk secukupnya lalu tapalkan pada pelipis.

  6. Mengobati Sakit Telinga.

    Cuci bersioh daun ceguk secukupnya, tumbuk halus, lalu peras. Teteskan air perasan pada telinga yang sakit sebanyak 1-2 tetes. 

Demikian 6 manfaat tanaman ceguk untuk kesehatan. Semoga referensi ini dan yang sebelum-sebelumnya dapat menjadi referensi obat tradisional yang baik untuk menjaga kesehatan Kita.

Salam Sehat

online istana solo