Manfaat Tumbuhan Cemplonan Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk tanaman cemplonan

Cemplonan merupakan tanaman herba yang hidup menahun dan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Daunnya memiliki tekstur yang halus dan lembut ini ternyata berguna untuk mengobati sejumlah penyakit dan masalah kesehatan. Dibalik daya tarik tanaman ini, tersimpan khasiat untuk pengobatan. Nama ilmiah dari cemplonan adalah Drymaria cordata Willd, tergolong dalam keluarga Caryophyllaceae. Dalam bahasa jawa cemplonan disebut randa nunut.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sifat tumbuhan cemplonan belum banyak diketahui, tetapi beberapa bahan kimia yang terkandung dalam cemplonan, di antaranya alkaloid dan polifenol. Efek farmakologis cemplonan, di antaranya penurun panas dan penyembuh urus-urus.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan cemplonan dapt dimanfaatkan untuk mengobati bebarapa penyakit berikut :

  • Mengobati Bisul.

    Tumbuk daun cemplonan segar secukupnya sampai halus lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

  • Mengobati Demam dan Urus-Urus.

    Cuci berish 25gr daun cemplonan segar, tumbuk sampai halus, lalu peras. Saring air perasan yang diperoleh lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  • Mengobati Herpes.

    Cuci bersih seluruh bagian tumbuhan cemplonan secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu rekatkan hasil tumbukan dengan nasi. Tumbuk lagi sampai halus, bentuk bulat dari hasil tumbukan, bungkus plastik, lalu letakkan ke dalam kulkas. Tempelkan ke bagian yang terkena herpes sesudah mandi pagi dan sore lalu balut dengan kain atau perban.

Itulah manfaat cemplonan untuk kesehatan lengkap dengan cara penggunaannya untuk kesehatan tubuh yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit dengan cara tradisional alami yang perlu kita ketahui agar selalu hidup sehat alami.

Salam Sehat

online istana solo