Cermai Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Hasil gambar untuk cermai

Buah cermai (Phyllanthus acidus) adalh salah satu keluarga phyllantaceae yang dapat dimakan. Buah cermai ini memang telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan, namun masih banyak orang yang belum tahu hal ini. Cermai ini diperkirakan merupakan buah yang berasal dari Madagaskar. Penyebaran buah cermai ini cukup cepat sebab cermai ini bisa tumbuh dengan menanam bijinya. Buah Ceremai yang masih muda bisa dimasak untuk memberikan rasa sedap pada masakan dengan rasa yang sedikit masam. Buah masaknya juga bisa dimakan langsung dengan air garam untuk mengurangi tingkat keasaman dan rasa sepatnya.

Selain buah cermai bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan kita terutama untuk menjaga kelangsingan tubuh. Bagi para wanita yang sedang diet atau menjaga bentuk tubuh, selain berolahraga juga di anjurkan untuk memakan buah-buahan seperti buah cermai.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang dikandung oleh cermai, di antaranya tanin, saponin, flavonoida, polifenol, dan alkaloid. Efek farmakologis cermai, di antaranya mengobati urus-urus, mengobati mual, asma, dan sariawan.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, daunmuda, dan akar cermai dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Urus-Urus.

    Cuci bersih 3gr daun cermai, keringkan, lalu tumbuk sampai halus. Seduh hasil tumbukan dengan setengah gelas air panas, lalu dinginkan. Minum air seduhan berikut ampasnya sekaligus 1 kali sehari.

  2. Mengatasi Kegemukan.

    Rebus 3-5gr daun cermai dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Minum sekaligus saat hangat 1 kali sehari. Ramuan ini cukup keras sehingga jangan gunakan untuk jangka waktu yang lama.

  3. Mencegah Aneka Kanker.

    Cuci sampai bersih 5 helai daun muda cermai, 6 helai daun belimbing, setengah helai daun pepaya muda, 3 helai daun bayam merah, dan 2 jari wortel. Tambahkan air matang kedalamnya sebanyak 1,5 gelas. Giling sampai halus semua bahan tersebut, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum air saringannya bersama 1 sendok makan madu 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

  4. Mengobati Asma.

    Cuci bersih 6 butir cermai, 2 butir bawang merah, seperempat genggam akar kara (Dolichos lablab), dan 8 butir buah lengkeng (Nephelium longanum). tumbuk semua bahan lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring, bagi menjadi 2 bagian yang sama, lalu tambahkan gula secukupnya. Minum air saringannya 2 kali sehari, masing-masing 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

  5. Mengatasi Sariawan dan Mual.

    Cuci bersih 3 gr daun cermai. Setelah kering, tumbuk sampai halus, lalu diseduh dengan setengah gelas air panas. Dinginkan air seduhannya lalu diminum sekaligus berikut ampasnya. Lakukan sehari sekali sampai sembuh.

Catatan : cairan dari akar cermai sasngat beracun sehingga sangat tidak dianjurkan untuk menggunakannya sebagai obat.

Salam Sehat

online istana solo