Inilah Manfaat Cincau Rambat Untuk Kesehatan

Gambar terkait

Cincau rambat adalah salah satu tanaman yang berkhasiat. Tanaman ini memiliki nama latin yaitu Cyclea barbata Miers. yang masuk dalam keluarga tanaman Menispermaceae. Tanaman cincau ini dikenal dibeberapa daerah di Indonesia dengan nama camcauh, juju, tarawalu, dan kepleng. Tanaman ini memiliki daun yang khas berwarna hijau, lembut serta dapat merambat pada tanaman lain seperti tanaman sirih. Tahukah Anda bahwa cincau rambat mengandung berbagai zat yang berguna untuk tubuh? Mari Kita lihat Kandungan Kimia, Efek farmakologis dan manfaat apa saja yang terkandung di dalam tumbuhan cincau rambat ini.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Cincau rambat memiliki rasa agak manis dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam cincau rambat, di antaranya karbohidrat, zat lemak, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine, dimetil tentradine, polifenol, saponin, dan flavonoid. Efek farmakologis cincau rambat, di antaranya antidemam, antiracun, dan menurunkan tekanan darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang dan daun cincau rambat dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Demam.

    Iris rimpang cincau rambat secukupnya menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring, lalu minum sekaligus saat demam. Lakukan secara rutin 1 kali sehari. Cara lainnya, cuci akar cincau secukupnya sampai bersih, seduh dengan air panas, lalu saring. Minum air saringannya sekaligus 1 kali sehari.

  • Mengobati Radang lambung, Tifus, dan penyakit Usus.

    Cuci bersih 50gr daun cincau rambat segar. Remas-remas daun tersebut di dalam 4 gelas air matang, peras, lalu saring. Tambahkan 5 sendok teh gula pasir lalu biarkan sampai mengental. Potong agar-agar cincau menjadi kecil-kecil lalu makan cincau tersebut seperti minum es buah. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.

    Remas-remas daun cincau rambat secukupnya dengan dicampur air secukupnya sampai airnya berubah menjadi hijau. Tambahkan gula jawa secukupnya lalu biarkan sampai menjadi agar-agar. Potong agar-agar cincau menjadi kecil-kecil lalu makan cincau tersebut seperti minum es buah. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Demikian beberapa manfaat yang bisa di ambil dari tanaman cincau rambat. Dan mulai sekarang Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah Anda sebagai tanaman obat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Sahat

Artikel Terkait

online istana solo