Berbagai Khasiat Ciplukan Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk ciplukan

Ciplukan atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Physallis peruviana L adalah jenis tanaman liar yang akan umum kita jumpai terutama di daerah persawahan. Ciplukan nama asingnya adalah Morel berry (Inggris), tanaman tersebut biasanya akan tumbuh sangat subur setelah para petani memanen tanamannya. Tanaman ciplukan sendiri terdiri dari daun, buah, batang dan juga akar seperti tanaman lengkap lainnya. 

Jika kita berada di perkotaan, tanaman ciplukan ini akan diperjual belikan bahkan seringkali dicari. Mulai dari buahnya, daunnya, batangnya atau bahkan akarnya. Karena dilihat dari kegunaan ciplukan ini maka banyak orang yang inging memanfaatkannya sebagai pengobatan alternatif yaitu dengan cara menjadikannya ramuan obat herbal. Hal ini sebenarnya bukan hal yang aneh, karena memang tanaman ciplukan ini memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk obat berbagai jenis penyakit. Selain itu juga tak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan untuk obat namun bagian tumbuhan yang lainnya seperti daun, akar dan batang pohon ciplukan juga bisa digunakan sebagai obat. Namun memang selama ini banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap tanaman berkhasiat ini. 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina, disebutkan ciplukan memiliki rasa yang pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ciplukan, di antaranya chlorogenik acid (C27H44O-H2O), asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, gula, vitamin C dan elaidic acid. Efek farmakologis yang dimiliki oleh ciplukan, di antaranya analgetik, peluruh air seni, penetral racun, pereda batuk, dan mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, daun, dan buah ciplukan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Penyakit Ayan.

    Cuci bersih 8-10 butir buah ciplukan lalu makan secara rutin.

  2. Mengobati Bisul.

    Cuci bersih 10 helai daun ciplukan lalu giling sampai halus. Turapkan halusan daun pada bisul dan sekelilingnya lalu balut dengan kain. Ganti obat dan balutannya 2 kali sehari.

  3. Mengobati Borok.

    Cuci bersih 20 helai daun ciplukan, giling halus bersama 2 sendok makan air kapur sirih. Tempelkan hasil gilingan pada borok atau luka. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

  4. Mengobati Influenza, Sakit Tenggorokan, Gondongan, Pembengkakan Prostat, Batuk Rejan, dan Pembengkakan Buah Pelir (orchitis).

    Cuci bersih 9-15gr seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  5. Mengobati Kencing Manis (diabetes mellitus).

    Cuci bersih 9-15gr seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

  6. Mengobati Sakit Paru-Paru.

    Cuci bersih 9-15gr seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring, lalu bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak. Minum airnya 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

Demikian sekilas info khasiat tumbuhan ciplukan untuk kesehatan tubuh. Jangan sepelekan tumbuhan kecil ciplukan karena ternyata terdapat banyak manfaat di dalamnya. Semoga info diatas bermanfaat.

Salam Sehat

online istana solo