Apa Saja Manfaat dari Tumbuhan Ki Tajam / Dandang Gendis?

Image result for manfaat ki tajam

Manfaat dan khasiat dandang gendis memang sudah dikenal dan digunakan sebagai obat herbal sejak jaman nenek moyang kita khususnya di daerah jawa. Beberapa dari kegunaannya ialah untuk menurunkan kadar gula darah yang terkait dengan pencegahan diabetes dan penyakit lainnya. Jadi tidak heran jika herba yang satu ini banyak ditanam dan mudah didapat pada lingkungan sekitar rumah. Pada umumnya, tanaman ini ditanam sebagai pagar hidup sekaligus apotik yang bisa kita temukan di alam terbuka.

Dandang gendis atau juga dikenal dengan ki tajam merupakan sejenis tanaman yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama ilmiah Clinacanthus nutans Lindau. Berbentu terna dengan ciri daun tunggal berhadapan, perdu kecil dengan tinggi batang hingga 2,5 m lebar dan panjang daun berkisar antara 8-12 cm dan lebarnya 6 cm. Perbungaan terdapat pada ketiak daun dan ujung batang, warna bunga merah muda dan seperti tabung pada bagian mahkota. Serta buah bulat memanjang dengan warna kecoklatan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ki tajam, di antaranya saponin dan polifenol. Efek farmakologis yang dimiliki oleh ki tajam, di antaranya mengefektifkan fungsi kelenjar tubuh, meningkatkan sirkulasi diuretik, antidemam, dan antidiare.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun segar ki tajam dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Disentri.

    Rebus segenggam daun segar ki tajam dalam 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Kencing Manis.

    Rebus 7 lembar (untuk sakit ringan/gejala awal) atau 21 lembar (untuk sakit berat) daun segar ki tajam dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minumair rebusan 2 kali sehari.

  • Mengatasi Susah kencing.

    Rebus 15gr daun ki tajam segar dalam air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Catatan :

  • Resep untuk kencing manis tidak tercatat dalam literatur, tetapi di daerah Jawa biasa digunakan untuk penyakit tersebut.
  • Efek abortivum tumbuhan ini belum diketahui. Oleh sebab itu, wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan obat ini.

Nah, demikian bahasan singkat mengenai manfaat dan khasiat ki tajam/ dandang gendis. Semoga apa yang tertulis dalam artikel di atas berguna untuk yang membutuhkan.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo