Tumbuhan Daruju dengan Manfaat dan Khasiatnya

Hasil gambar untuk daruju

Tanaman Daruju atau jeruju merupakan tanaman yang berasal dari tanah Melayu dan Jawa yang tumbuh liar di daerah pantai, tepi sungai, serta tempat-tempat lain yang tanahnya berlumpur dan berair payau, tumbuh tegak atau berbaring pada pangkalnya, tinggi 0,5-2 meter, berumpun banyak. Khasiat tanaman daruju bisa didapat dari bagian daun, akar, biji dan batangnya. Daruju (Acanthus ilicifolius L) yang tergolong klasifikasi kerajaan planate. Ciri tanaman ini batangnya berbentuk silindris dengan permukaan kulit bulat dan licin. Daunnya tunggal, tangkai pendekberhadap-hadapan. Bunganya majemuk berkumpul berbentuk bulir dn buahnya buni berbiji memanjang dengan warna kecoklatan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Daruju memiliki rasa yang pahit dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daruju, di antaranya flavone dan asam amino. Efek farmakologis daruju, di antaranya anti-radang, pereda batuk, dan anti-neoplastik (penghambat tumbuhnya sel-sel neoplasma atau tumor). selain itu, biji daruju merupakan pembersih darah. 

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaannya

Bagian akar kering yang diiris tipi-tipis, daun, dan biji dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Cacingan.

    Cuci bersih 8 butir biji daruju, tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum selagi hangat 2 kali sehari masing-masing setengah setengah cangkir. Lakukan secara rutin selama 3 hari.

  2. Mengobati Hepatitis Akut dan Kronis, Pembesaran Hati, serta Limpa.

    Cuci bersih 30-60gr akar kering daruju lalu rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa setengah gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum bersama 1 sendok makan madu setiap pagi dan sore, masing-masing 1 bagian.

  3. Mengobati Hepatitis.

    Cuci bersih 60gr akar kering daruju, potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi 2 bagian. Minum air rebusannya 2 kali sehari bersama 1 sendok makan madu, masing-masing 1 bagian.

  4. Mengobati Kanker, terutama Kanker Hati.

    Cuci bersih 100gr akar daruju yang telah dijemur dan 100gr daging sapi tanpa lemak. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air selama 6 jam. Jika mengering sebelum 6 jam, tambahkan air secukupnya sampai diperoleh 1 mangkok air rebusan mendidih. Buat air rebusan menjadi 2 bagian untuk 2 kali minum bersama 1 sendok makan madu.

  5. Mengobati Luka Akibat Panah Beracun.

    Cuci bersih akar daruju, kunyah lalu bubuhkan pada luka. Jika perlu, balut dengan kain atau perban.

  6. Obat Batuk.

    Cuci bersih 4gr biji daruju segar, tumbuk sampai halus, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Demikian artikel seputar tanaman daruju dengan manfaat dan khasiatnya. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Salam Sehat

online istana solo