Daun Dewa Sebagai Tanaman Multikhasiat

Daun Dewa Sebagai Tanaman Multikhasiat

Tanaman obat yang satu ini sudah banyak dikenal di masyarakat. Tanaman yang memiliki nama sambung nyawa di pulau Jawa ini sering ditanam di halaman karena manfaatnya yang sangat banyak.

Tanaman daun dewa dapat tumbuh sekitar 30 hingga 40 cm. Daunnya berbentuk bulat atau lonjong, bertangkai pendek, berwarna hijau keunguan dengan panjang antara 8 -20 cm dan lebar antara 5 – 10 cm. para pembudidaya daun dewa biasa memanen tanaman ini ketika berusia 6-8 bulan.

Manfaat tanaman ini antara lain:

  1. Mengobati Rematik

Rematik adalah gangguan pada persendian yang terasa sakit dan nyeri sat digerakkan. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menerapkan pola hidup sehat dan pola makn yang teratur. Namun bila sudah terkena penyakit ini, anda dapat meminum air rebusan  daun dewa setiap hari untuk menyembuhkanya.

  1. Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang disebabkan akibat rusaknya jaringan di otak karena penyumbatan pembuluh darah arteri yang bertugas mengalirkan darah ke otak. Stroke dapat disembuhkan dengan meminum ramuan daun dewa dua kali sehari.

  1. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan kadar gula darah tinggi akibat produksi insulin yang tidak normal. Penyakit ini dapat diobati dengan pengobatan ala medis maupun pengoatan tradisional. Salah satunya degan daun dewa. Hal ini disebabkan kandungan hipoglikemin yang ada dalam daun dewa mampu menurunkan kadar gula darah tersebut.

  1. Hipertensi

Daun dewa mempunyai kemampuan untk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini dikaenakan kandungan hipotesif yang terkandung dalam daun dewa mampu menurnkan tekanan darah penderita hipertensi.

  1. Jantung

Bagi anda yang menderita penyakit jantung, anda perlu penanganan yang serius. Salah satu caranya adalah mengonsumsi ramuan umbi daun dewa dua kali sehari secar rutin.

  1. Anti kanker

Senyawa flavonoid, saponin, tannin, monoterpen, serta seskuiterpen lakton yang dimilki tanaman ini mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel – sel tumor atau kanker. Saponin adalah senyawa aktif sejenis glukosida yang sanggup menetralisir racun dan melawan serangan virus. Senyawa ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang amandel, radang pancreas, radang kulit, dan melancarkan sirkulasi darah.

baca Selengkapnya