Manfaat Daun Encok Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk daun encok

Daun encok, tanaman yang namanya sekilas sama persis dengan nama gangguan kesehatan tulang, yaitu encok (semacam pegal-pegal di badan). Meski namanya demikian, tanaman ini bukanlah tanaman yang menyebabkan encok, namun tanaman serbaguna yang memiliki khasiat luar biasa. Tanaman encok adalah tanaman yang memiliki nama latin: Plumbago zeylanica L. dan memiliki nama daerah poksor, kareka, ki encok dan bama. Tanaman yang namanya sama dengan salah satu penyakit sendi (encok) ini termasuk dalam keluarga Plumbaginaceae

Tanaman encok termasuk tanaman semak yang memiliki batang lunak, tumbuhnya berumpun. Dari namanya saja, daun encok kita sudah bisa menebak bahwa tanaman obat yang satu ini berkhasiat untuk mengobati berbagai keluhan nyeri seperti rematik, nyeri pinggang, nyeri sendi dan sakit kepala. Memiliki daun bulat telur, bunganya berwarna putih dalam tandan. Memiliki buah memanjang berbentuk kecil berbulu kasar berperekat, waktu muda berwarna hijau. Daun encok tanaman semak yng dapat hidup di dataran daerah tropis maupun sub- tropis. Daun encok ditanam dipekarangan sebagai pagar hidup tapai dapat juga ditemukan tumbuh liar diladang atau ditepi saluran air. Selain dibudidayakan sebagai tanaman herbal keluarga juga dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Daun encok pahit, beracun, dan bersifat tonik. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada daun, di ataranya leucidelphinidin, quercetin-3-rhamnoside, dan petals azaleatin-3-rhamnoside.  Bagian akar mengandung plumbagin, 3-chloroplumbagin dan 2-methylnaphtazarin, chitratone, alliptinone, maritinone, methyllene-3, 3-diplumbagin, zeylanone, dan isozeylanone. Zat plumbagin mempunyai sifat keras dan beracun sehingga menyebabkan kulit melepuh seperti luka bakar. Efek farmakologis yang dimiliki oleh daun encok, di antaranya menghilangkan sakit otot dan meluruhkan air kencing.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan akar daun encok dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengatasi Gangguan Kencing.

    Cuci bersih 10gr daun encok segar, tumbuk, lalu tambahkan 1 sendok makan kapur sirih. Remas-remas campuran bahan lalu balurkan ke atas perut.

  • Mengobati Sakit Kepala.

    Ambil 2 helai daun encok, olesi dengan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya, lakukan di atas api kecil. Letakkan di kedua pelipis atau dibawah kedua telinga selama 5-10 menit.

  • Mengobati Sakit Pinggang dan Encok.

    Cuci bersih 15gr daun encok segar, tumbuk, lalu tambahkan 1 sendok makan kapur sirih. Remas-remas campuran bahan lain balurkan ke bagian tubuh yang sakit. 

Nah, itulah beberapa kegunaan dan manfaat daun encok sebagai obat herbal tradisional yang mampu mengobati bermacam penyakit. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Salam Sehat

online istana solo