10 Manfaat Daun Jinten Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for daun jintan

Nama ilmiah daun jinten adalah Coleus ambinicus Lour. Tumbuhan daun jinten memiliki rasa getir, beraroma harum, hangat, agak asam, dn membuat rasa tebal di lidah. Daun jinten atau yang juga dikenal dengan daun jintan adalah sejenis tanaman pirenial yang diduga berasal dari Afrika. Tanaman ini tergolong dalam klasifikasi keluarga dari Lamiaceae. Sedangkan nama lokal dikenal dengan sebutan bangun-bangun, sukan, aceran, daun kucing, daun kambing, golong, iwak, dan majha nereng. Saat ini daun jinten sudah dibudidayakan guna memenuhi kebutuhan herbal dalam produk olahan jamu.

Tanaman jinten mempunyai bentuk batang terna tahunan berkayu dengan ketinggian hingga 1 meter. Batang juga beruas, daun bulat telur bedaging warna hijau dengan tepi daun bergerigi. Tulang daun menyirip dengan cabang berbentuk seperti jala dan diselimuti rambut halus. Bunganya majemuk berupa tandan keluar dari ketiak daun dan bijinya keras berbentuk gepeng dengan warna cokelat muda.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologi

Beberapa bahan kimia yang terkandung pada daun jinten, di ataranya kalium dan minyak asiri 2% yang mengandung karvakrol serta fenol. Efek farmakologis daun jinten, di antaranya peluruh kentut, penghilang lelah dan letih, anti-asma, penurun panas, anti-septik, pengencer dahak, anti-batuk, serta astringen. 

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatanya

Bagian daun atau seluruh bagian dari tumbuhan daun jinten dapat dimanfaatkan untuk penyakit sebagai berikut :

  1. Sebagai Aphrodisik (Obat Kuat).

    Cuci bersih 7 lembar daun jinten makan sebagai lalap. Lakukan secara rutin.

  2. Mengobati Ayan (phrodis).

    Cuci bersih 30 helai daun jinten, 10 lembar daun ngokilo, 25 lembar daun lenglengan, 40 lembar daun sambiloto, 8tangkai kecil daun meniran, dan 3 jari gula enau. Potong kecil-kecil semua bahan lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah dingin, bagi air rebusan menjadi 3 bagian yang sama banyak untuk diminum 3 kali sehari.

  3. Mengobati Asma dan Batuk.

    Cuci bersih 10 lembar daun jinten segar dengan air matang, tumbuk sampai halus seperti bubur. Peras, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari, dan gosokkan ampas ke seluruh badan.

  4. Mengobati Batuk Rejan.

    Cuci bersih 3/4sendok teh biji daun jinten, giling sampai halus, lalu seduh dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai rata, lalu minum sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara dan dosis yang sama 2 kali sehari.

  5. Mengobati Demam.

    Cuci bersih 10 helai daun jinten segar ukuran sedang dengan air matang tumbuk sampai halus sehingga seperti bubur. Peras, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari, dan gosokkan ampasnya ke seluruh badan.

  6. Memperbanyak ASI.

    Cuci bersih daun jinten secukupnya lalu dibuat sup. Makan supnya 2 kali sehari.

  7. Mengatasi Perut Kembung.

    Cuci bersih 5 lembar daun jinten segar sampai bersih, tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan setengah cangkir air panas. Saring seduhannya lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  8. Mengobati Rematik.

    Cuci bersih 20 helai daun jinten segar lalu giling sampai halus. Tambahkan aior kapur sirih secukupnya, aduk rata, remas, lalu simpan dalam wadah yang kering. Oles dan gosokkan bubur daun secara merata pada bagian yang sakit. Lakukan 3-4 kali sehari.

  9. Mengobati Sariawan.

    Cuci bersih 5 helai duan jinten segar ukuran sedang dengan air matang lalu kunyah perlahan. Telan air sari daun yang diperoleh lalu buang ampasnya.

  10. Mengobati Sakit Kepala.

    Cuci bersih 4 lembar daun segar lalu tumbuk halus sehingga seperti bubur. Borehkan pada kedua pelipis.

Nah itulah artikel tentang 10 manfaat daun jinten untuk kesehatan, bagi Anda mengalami keluhan seperti yang saya tulis diatas, tidak ada salahnya jika mencoba melakukan pengobatan dengan daun jinten yang telah saya paparkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo