Kenali Manfaat Daun Prasman Untuk Kesehatan

Gambar terkait

Daun Prasman, mungkin banyak orang yang tak mengenal tanaman satu ini. Nama ilmiah dari daun prasman adalah Eupatorium triplinerve Vahl. Daun prasman memiliki rasa khas yang menyengat dan berbau cumarine. Ia dapat tumbuh di dataran rendah, hingga ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut. 

Prasman banyak digunakan masyarakat sebagai tanaman pagar. Padahal, ia menyimpan manfaat yang lumayan hebat. Jika di amati lebih dekat, tumbuhan ini memiliki ciri fisik yang beda dengan tumbuhan lain. Hampir semua batangnya berkayu, beruas-ruas, bercabang, berambut tebal dan merah muda, daunnya tunggal, dengan letak berhadapan, bentuknya lanset, berujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata, permukaannya licin dengan tiga tulang daun yang melengkung, panjang 5-8 cm, lebar 1-2 cm, dan berwarna hijau.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun prasmas, di anataranya minyak terbang cumarine, dimethylester thymohydrodiinon, ayepin, timohidrokuinon, saponin, flavonoida, dan polifenol. Efek farmakologis daun prasman, di antaranya anti-diare, penurun panas, dan astringen. 

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian daun dari tumbuhan daun prasman dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengobati Panas Dalam dan Peluruh Kencing.

    Cuci bersih 20gr daun prasman segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Sakit Kepala, Borok, dan Terkena Sengatan Kalajengking.

    Cuci 50 halai daun prasman, tumbuk halus, lalu tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan. Campurkan adonan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya lalu simpan dalam wadah kering. Untuk sakit kepala, oleskan pada dahi dan pelipis, sedangkan untuk borok serta terkena sengatan kalajengking, oleskan pada bagian yang sakit.

Demikian sekilas manfaat dari daun prasman yang terkandung di dalamnya yang dapat digunakan untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel tanaman obat tersebut bermanfaat. Dan juga kenali berbagai tanaman yang ada disekitar anda, karena siapa tahu ternyata tanaman tersebut bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit.

Salam Sehat

online istana solo