Tumbuhan Daun Salam Dengan Berbagai Manfaat dan Khasiat

Image result for manfaat tumbuhan salam

Salam (nama ilmiah : Eugenia polyantha Wight atau Syzygium polyanyhum (Wight) Walp.) merupakan tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah maupun kebun. Kegunaannya sudah dikenal dari jaman dulu yaitu sebagai bumbu masakan khas indonesia. Sedangkan manfaat daun salam bagi kesehatan juga sudah banyak dibuktikan melalui penelitian resmi maupun independent

Kandungan zat gizi maupun zat non-gizi yang disebut fitonutrien merupakan kontributor utama khasiat daun salam untuk obat asam urat, diabetes, kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi sampai membantu menurunkan berat badan.

Daun salam merupakan salah satu daun yang biasa digunakan oleh para Ibu rumah tangga untuk penyedap dan pengharum masakan. Manfaat daun salam tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan saja, namun juga dapat dijadikan obat tradisional mencegah sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit yang ada di tubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia salam, antara lain minyak asiri 0,05% terdiri atas sitral, eugenol, tanin, dan flavonoid. Anggota famili Myrtaceae itu memiliki sifat rasa kelat, wangi, astringent, dan memperbaiki sirkulasi.

Bagian yang Digunakan dan Efek Farmakologis

Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, kulit batang, buah, dan akar untuk mengobati beragam penyakit berikut ini.

  • Mengobati Diare.

    Cuci bersih 7gr daun salam segar. Rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan garam secukupnya ke dalam ramuan. Saring ramuan setelah dingin dan minum sekaligus.

  • Mengobati Kencing Manis (Diabetes Milletus).

    Ambil 11 daun salam segar dan 30gr daun ciplukan, llau cuci bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, segera saring dan minumlah 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengatasi Gatal-gatal (pruitis).

    Cuci bersih daun, kulit batang, atau akar, lalu giling halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa atau VCO kedalam bahan sampai jadi adonan seperti bubur. Balurkan ramuan di tempat yang sakit.

  • Mengobati Maag.

    Cuci bersih 17 lembar daun salam segar. Rebus bahan dengan setengah liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya ke dalam rebusan. Saring ramuan setelah dingin. Minum ramuan sebagai teh setiap hari. Ulangi pengobatan hingga rasa perih di lambung hilang.

  • Menghilangkan Mabuk Alkohol.

    Cuci bersih segenggam buah salam masak, lalu tumbuk sampai halus. Peras, lalu saring hasil tumbukan. Minum ramuan sekaligus.

Manfaat dan khasiat tumbuhan daun salam ini bisa sangat dirasakan karena terbukti ampuh mengobati penyakit seperti kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti yang telah di jelaskan pada artikel sebelumnya, daun salam memiliki manfaat yang sangat banyak. Dan pada artikel di atas juga dijelaskan beberapa manfaat dari tumbuhan daun salam yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan tentang tumbuhan daun salam dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Baca juga artikel yang terkait : Baca! Manfaat Salam Koja Untuk Kesehatan Tubuh

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo